Dalil Hadis Anjuran Makan Sahur

Hadispedia.id – Selain disunahkan menyegerakan berbuka, bagi orang yang berpuasa juga disunahkan untuk makan sahur. Hal ini telah disabdakan oleh Nabi saw. dalam hadis beliau yang dikutip oleh Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam kitab Bulughul Maram Bab Puasa sebagaimana berikut.

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ุจู’ู†ู ู…ูŽุงู„ููƒู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ: “ุชูŽุณูŽุญู‘ูŽุฑููˆุง ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ูููŠ ุงู„ุณู‘ูุญููˆุฑู ุจูŽุฑูŽูƒูŽุฉู‹.”ย  ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡

Dari Anas bin Malik r.a., dia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sahurlah kalian, karena di dalam sahur itu ada keberkahan.” Muttafaqun ‘alaih.

Analisis Lafadz

ุชูŽุณูŽุญู‘ูŽุฑููˆุง, makan dan minumlah pada waktu sahur. As-Sahar adalah nama waktu yang jatuh sebelum fajar. Perintah pada lafadz ini menunjukkan hukum sunah, bukan wajib. Hal ini didasarkan pada ijma’ ulama bahwa sahur bukanlah sesuatu yang wajib. Selain itu, terdapat riwayat yang menyatakan bahwa Nabi saw. dan para sahabat pernah melakukan wishal, yaitu mereka berpuasa tanpa makan sahur.

ุงู„ุณู‘ูุญููˆุฑู (as-suhur, dengan didlummah sinnya) berarti makan pada waktu sahur. Sedangkan jika dibaca fathah sinnaya/ as-sahur, maka berarti makanan yang dimakan saat sahur. Hanya saja di Indonesia sahur sudah menjadi istilah untuk aktifitas makan, bukan makanannya.

ุจูŽุฑูŽูƒูŽุฉู‹ keberkahan. Maksudnya dengan makan sahur dapat memberikan kekuatan untuk berpuasa dan mendapat pahala yang besar. Hal ini disebabkan karena waktu sahur itu bersamaaan dengan waktu zikir, shalat, istighfar, ibadah lain yang menambah ganjaran pahala amal, dan waktu yang diyakini orang yang berdoa pada saat itu dikabulkan doanya. Seandainya seseorang tidak bangun sahur, niscaya dia masih tenggelam di dalam tidurnya dan meninggalkan amal ibadah tersebut.

Baca juga: Dalil Hadis Anjuran untuk Takjil/Menyegerakan Berbuka Puasa

Dalam riwayat Imam Ahmad yang bersumber dari Abu Sa’id Al-Khudri r.a. disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda,

ย ย  ุงู„ุณู‘ูŽุญููˆุฑู ุฃูŽูƒู’ู„ูู‡ู ุจูŽุฑูŽูƒูŽุฉูŒ ููŽู„ูŽุง ุชูŽุฏูŽุนููˆู‡ู ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฌู’ุฑูŽุนูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุฌูุฑู’ุนูŽุฉู‹ ู…ูู†ู’ ู…ูŽุงุกู ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ ูˆูŽู…ูŽู„ูŽุงุฆููƒูŽุชูŽู‡ู ูŠูุตูŽู„ู‘ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูุชูŽุณูŽุญู‘ูุฑููŠู†ูŽ

Makan sahur itu berkah, maka janganlah kalian meningalkannya meskipun salah satu dari kalian hanya meneguk satu tegukan air, karena sungguh Allah swt. dan para malaikat-Nya bershalawat untuk orang-orang yang makan sahur.”

Imam Al-Munawi dalam kitab Faidul Qadir menjelaskan bahwa maksud dari Allah bershalawat adalah Allah swt. merahmati mereka. Sedangkan malaikat bershalawat adalah malaikat beristighfar atau memintakan ampunan kepada Allah untuk mereka.

Selain itu, sahur merupakan pembeda antara umat Islam dengan ahli kitab. Hal ini sebagaimana riwayat Imam Muslim secara marfu’;

ููŽุตู’ู„ู ู…ูŽุง ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุตููŠูŽุงู…ูู†ูŽุง ูˆูŽุตููŠูŽุงู…ู ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ุฃูŽูƒู’ู„ูŽุฉู ุงู„ุณู‘ูŽุญููˆุฑู

Perbedaan antara puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur.

NB: Disarikan dari kitab Ibanatul Ahkam; Syarah Kitab Bulughul Maram karya Hasan Sulaiman An-Nuri dan Alawi Abbas Al-Maliki juz 2 halaman 293-294 dan kitab Subulus Salam karya Imam As-Shanโ€™ani juz 2 halaman 154-155.

Annisa Nurul Hasanah
Annisa Nurul Hasanah
Penulis adalah peneliti el-Bukhari Institute

Artikel Terkait

spot_img

Artikel Terbaru