Hadis No. 112 Shahih Al-Bukhari

Hadispedia.id โ€“ Al-Imam Al-Bukhari berkata di dalam Shahih-nya pada Kitab Al-Ilmu bab penulisan ilmu,

ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ู†ูุนูŽูŠู’ู…ู ุงู„ููŽุถู’ู„ู ุจู’ู†ู ุฏููƒูŽูŠู’ู†ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุดูŽูŠู’ุจูŽุงู†ูุŒ ุนูŽู†ู’ ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุณูŽู„ูŽู…ูŽุฉูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ: ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฎูุฒูŽุงุนูŽุฉูŽ ู‚ูŽุชูŽู„ููˆุง ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุจูŽู†ููŠ ู„ูŽูŠู’ุซู – ุนูŽุงู…ูŽ ููŽุชู’ุญู ู…ูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ – ุจูู‚ูŽุชููŠู„ู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ู‚ูŽุชูŽู„ููˆู‡ูุŒ ููŽุฃูุฎู’ุจูุฑูŽ ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู [ุต:34] ุตู„ู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…ุŒ ููŽุฑูŽูƒูุจูŽ ุฑูŽุงุญูู„ูŽุชูŽู‡ู ููŽุฎูŽุทูŽุจูŽุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ยซุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุญูŽุจูŽุณูŽ ุนูŽู†ู’ ู…ูŽูƒู‘ูŽุฉูŽ ุงู„ู‚ูŽุชู’ู„ูŽุŒ ุฃูŽูˆู ุงู„ูููŠู„ูŽยป – ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูƒูŽุฐูŽุงุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ู†ูุนูŽูŠู’ู…ู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ููˆู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ุดู‘ูŽูƒู‘ู ุงู„ูููŠู„ูŽ ุฃูŽูˆู ุงู„ู‚ูŽุชู’ู„ูŽ ูˆูŽุบูŽูŠู’ุฑูู‡ู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ูููŠู„ูŽ – ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽุทูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูˆูŽุงู„ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู†ูŽุŒ ุฃูŽู„ุงูŽ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ุชูŽุญูู„ู‘ูŽ ู„ูุฃูŽุญูŽุฏู ู‚ูŽุจู’ู„ููŠุŒ ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ุชูŽุญูู„ู‘ูŽ ู„ูุฃูŽุญูŽุฏู ุจูŽุนู’ุฏููŠุŒ ุฃูŽู„ุงูŽ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุญูŽู„ู‘ูŽุชู’ ู„ููŠ ุณูŽุงุนูŽุฉู‹ ู…ูู†ู’ ู†ูŽู‡ูŽุงุฑูุŒ ุฃูŽู„ุงูŽ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ุณูŽุงุนูŽุชููŠ ู‡ูŽุฐูู‡ู ุญูŽุฑูŽุงู…ูŒุŒ ู„ุงูŽ ูŠูุฎู’ุชูŽู„ูŽู‰ ุดูŽูˆู’ูƒูู‡ูŽุงุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูุนู’ุถูŽุฏู ุดูŽุฌูŽุฑูู‡ูŽุงุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูู„ู’ุชูŽู‚ูŽุทู ุณูŽุงู‚ูุทูŽุชูู‡ูŽุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ู„ูู…ูู†ู’ุดูุฏูุŒ ููŽู…ูŽู†ู’ ู‚ูุชูู„ูŽ ููŽู‡ููˆูŽ ุจูุฎูŽูŠู’ุฑู ุงู„ู†ู‘ูŽุธูŽุฑูŽูŠู’ู†ู: ุฅูู…ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูุนู’ู‚ูŽู„ูŽุŒ ูˆูŽุฅูู…ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูู‚ูŽุงุฏูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู‚ูŽุชููŠู„ู “. ููŽุฌูŽุงุกูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ู…ูู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ูŠูŽู…ูŽู†ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุงูƒู’ุชูุจู’ ู„ููŠ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ยซุงูƒู’ุชูุจููˆุง ู„ูุฃูŽุจููŠ ููู„ุงูŽู†ูยป. ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ู…ูู†ู’ ู‚ูุฑูŽูŠู’ุดู: ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ุฅูุฐู’ุฎูุฑูŽ ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ููŽุฅูู†ู‘ูŽุง ู†ูŽุฌู’ุนูŽู„ูู‡ู ูููŠ ุจููŠููˆุชูู†ูŽุง ูˆูŽู‚ูุจููˆุฑูู†ูŽุงุŸ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ: ยซุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ุฅูุฐู’ุฎูุฑูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงู„ุฅูุฐู’ุฎูุฑูŽยป ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู: ูŠูู‚ูŽุงู„ู: ูŠูู‚ูŽุงุฏู ุจูุงู„ู‚ูŽุงูู ููŽู‚ููŠู„ูŽ ู„ูุฃูŽุจููŠ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽูŠู‘ู ุดูŽูŠู’ุกู ูƒูŽุชูŽุจูŽ ู„ูŽู‡ูุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูƒูŽุชูŽุจูŽ ู„ูŽู‡ู ู‡ูŽุฐูู‡ู ุงู„ุฎูุทู’ุจูŽุฉูŽ

Abu Nu’aim Al-Fadhl bin Dukain telah menceritakan kepada kami, dia berkata, Syaiban telah menceritakan kepada kami, dari Yahya, dari Abu Salamah, dari Abu Hurairah, bahwa suku Khuza’ah pernah membunuh seorang laki-laki dari suku Bani Laits pada tahun Fathu Makkah sebagai balasan terbunuhnya seorang laki-laki dari mereka yang dibunuh oleh suku Bani Laits. Peristiwa itu disampaikan kepada Nabi saw., beliau lalu naik kendaraannya dan berkhutbah, “Sesungguhnya Allah telah membebaskan Makkah dari pembunuhan, atau pasukan gajah.” Abu Abdullah berkata demikian, Abu Nu’aim berkata bahwa mereka ragu antara menyebutkan gajah atau pembunuhan. Sedangkan yang lainnya mengatakan gajah. Lalu Allah memenangkan Rasulullah saw. dan kaum mukminin atas mereka. Beliau bersabda, “Ketahuilah tanah Makkah tidaklah halal bagi seorang pun baik sebelumku atau sesudahku, ketahuilah bahwa sesungguhnya ia pernah menjadi halal buatku sesaat di suatu hari. Ketahuilah dan pada saat ini ia telah menjadi haram; durinya tidak boleh dipotong, pohonnya tidak boleh ditebang, barang temuannya tidak boleh diambil kecuali untuk diumumkan dan dicari pemiliknya. Maka barang siapa dibunuh, dia akan mendapatkan satu dari dua kebaikan; meminta tebusan atau meminta balasan dari keluarga korban.” Lalu datang seorang penduduk Yaman dan berkata, “Wahai Rasulullah, tuliskanlah buatku.” Beliau lalu bersabda, “Tuliskanlah untuk Abu Fulan.” Seorang laki-laki Quraisy lalu berkata, “Kecuali pohon Idzhir wahai Rasulullah, karena pohon itu kami gunakan di rumah kami dan di kuburan kami.” Maka Nabi saw. bersabda, “Kecuali poho idzhir, kecuali pohon idzhir.” Lalu dikatakan kepada Abu Abdillah, “Apa yang dituliskan untuknya?” Ia menjawab, “Khutbah tadi.”

ย 

Artikel Terkait

spot_img

Artikel Terbaru