قَالَ الْاِمَامُ التِّرْمِذِيُّ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ بَابِ مَا يَقُوْلُ اِذَا دَخَلَ الْخَلَاءِ
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ وَهَنَّادٌ قَالاَ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ صُهَيْبٍ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- إِذَا دَخَلَ الْخَلاَءَ قَالَ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ قَالَ شُعْبَةُ وَقَدْ قَالَ مَرَّةً أُخْرَى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبْثِ وَالْخَبِيثِ أَوِ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ
قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِى الْبَابِ عَنْ عَلِىٍّ وَزَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ وَجَابِرٍ وَابْنِ مَسْعُودٍ. قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَنَسٍ أَصَحُّ شَىْءٍ فِى هَذَا الْبَابِ وَأَحْسَنُ. وَحَدِيثُ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ فِى إِسْنَادِهِ اضْطِرَابٌ رَوَى هِشَامٌ الدَّسْتَوَائِىُّ وَسَعِيدُ بْنُ أَبِى عَرُوبَةَ عَنْ قَتَادَةَ فَقَالَ سَعِيدٌ عَنِ الْقَاسِمِ بْنِ عَوْفٍ الشَّيْبَانِىِّ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ. وَقَالَ هِشَامٌ الدَّسْتَوَائِىُّ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ.
وَرَوَاهُ شُعْبَةُ وَمَعْمَرٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنِ النَّضْرِ بْنِ أَنَسٍ فَقَالَ شُعْبَةُ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ. وَقَالَ مَعْمَرٌ عَنِ النَّضْرِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ أَبِيهِ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم-. قَالَ أَبُو عِيسَى سَأَلْتُ مُحَمَّدًا عَنْ هَذَا فَقَالَ يُحْتَمَلُ أَنْ يَكُونَ قَتَادَةُ رَوَى عَنْهُمَا جَمِيعًا.
Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab doa ketika masuk WC,
Qutaibah dan Hannad telah menceritakan kepada kami, mereka berkata, Waki’ telah menceritakan kepada kami dari Syu’bah dari Abdul Aziz bin Shuhaib dari Anas bin Malik, ia berkata,
“Nabi saw. jika masuk WC beliau mengucapkan, ‘Allahumma Inni A’udzubika (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu)’. Syu’bah berkata, “Pada waktu lainnya, beliau mengucapkan, ‘A’udzubika minal khubtsi wal khabits (Aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan) atau al-khubutsi wal khabaits (setan-setan laki-laki dan setan-setan perempuan).
Abu ‘Isa (Al-Imam At-Tirmidzi) berkata, “Dalam bab ini juga ada riwayat dari ‘Ali, Zaid bin Arqam, Jabir, dan Ibnu Mas’ud.” Abu Isa berkata, “Hadis Anas adalah yang paling shahih dan paling baik dalam bab ini. Sedangkan dalam hadis Zaid bin Arqam dalam sanadnya ada kerancuan. Hadis ini juga diriwayatkan oleh Hisyam Ad-Dastuwa’i dan Sa’id bin Abu Arubah dari Qatadah. Sa’id menyebutkan dari Al-Qasim bin ‘Auf Asy-Syaibani dari Zaid bin Arqam. Dan Hisyam Ad-Dastuwa’i dari Qatadah dari Zaid bin Arqam.
Sedang Syu’bah dan Ma’mar meriwayatkannya dari Qatadah dari An-Nadlr bin Anas. Syu’bah menyebutkan dari Zaid bin Arqam. Ma’mar menyebutkan dari An-Nadlr bin Anas dari bapaknya, dari Nabi saw. Abu Isa berkata, “Aku bertanya kepada Muhammad tentang riwayat tersebut, maka ia menjawab, “Masih dimungkinkan bahwa Qatadah meriwayatkan dari keduanya.”