قَالَ الْاِمَامُ أَبُو دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ الأَشْعَثِ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ بَابِ كَرَاهِيَةِ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ عِنْدَ قَضَاءِ الْحَاجَةِ
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ يَحْيَى عَنْ أَبِي زَيْدٍ عَنْ مَعْقِلِ بْنِ أَبِي مَعْقِلٍ الْأَسَدِيِّ قَالَ
نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَسْتَقْبِلَ الْقِبْلَتَيْنِ بِبَوْلٍ أَوْ غَائِطٍ
قَالَ أَبُو دَاوُد وَأَبُو زَيْدٍ هُوَ مَوْلَى بَنِي ثَعْلَبَةَ
ِAl-Imam Abu Daud; Sulaiman bin Al-Asy’ats berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab makruhnya menghadap kiblat saat buang hajat,
Musa bin Isma’il telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Wuhaib telah menceritakan kepada kami, ia berkata, ‘Amr bin Yahya telah menceritakan kepada kami dari Abu Zaid dari Ma’qil bin Abu Ma’qil Al-Asadi, ia berkata, “Rasulullah saw. melarang kami menghadap dua kiblat (Ka’bah dan Baitul Maqdis) saat buang air kecil atau buang air besar.”
Abu Daud berkata, “Abu Zaid adalah mantan sahaya Bani Tsa’labah.