Hadis No. 30 Sunan At-Tirmidzi

Hadispedia.id – Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam Sunan-nya pada kitab bersuci bab menyela-nyela jenggot,

حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِى عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ أَبِى عَرُوبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ حَسَّانَ بْنِ بِلاَلٍ عَنْ عَمَّارٍ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- مِثْلَهُ

قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِى الْبَابِ عَنْ عُثْمَانَ وَعَائِشَةَ وَأُمِّ سَلَمَةَ وَأَنَسٍ وَابْنِ أَبِى أَوْفَى وَأَبِى أَيُّوبَ

قَالَ أَبُو عِيسَى وَسَمِعْتُ إِسْحَاقَ بْنَ مَنْصُورٍ يَقُولُ قَالَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ قَالَ ابْنُ عُيَيْنَةَ لَمْ يَسْمَعْ عَبْدُ الْكَرِيمِ مِنْ حَسَّانَ بْنِ بِلاَلٍ حَدِيثَ التَّخْلِيلِ

وَقَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ أَصَحُّ شَىْءٍ فِى هَذَا الْبَابِ حَدِيثُ عَامِرِ بْنِ شَقِيقٍ عَنْ أَبِى وَائِلٍ عَنْ عُثْمَانَ

قَالَ أَبُو عِيسَى وَقَالَ بِهَذَا أَكْثَرُ أَهْلِ الْعِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- وَمَنْ بَعْدَهُمْ رَأَوْا تَخْلِيلَ اللِّحْيَةِ. وَبِهِ يَقُولُ الشَّافِعِىُّ
وَقَالَ أَحْمَدُ إِنْ سَهَا عَنْ تَخْلِيلِ اللِّحْيَةِ فَهُوَ جَائِزٌ وَقَالَ إِسْحَاقُ إِنْ تَرَكَهُ نَاسِيًا أَوْ مُتَأَوِّلاً أَجْزَأَهُ وَإِنْ تَرَكَهُ عَامِدًا أَعَادَ

Ibnu Abi Umar telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Sufyan bin Uyainah telah menceritakan kepada kami, dari Sa’id bin Abi Arubah, dari Qatadah, dari Hassan bin Bilal, dari Ammar bin Yasir, dari Nabi saw. sebagaimana hadis tersebut (Hadis no. 29).

Abu Isa berkata, “Dalam bab ini juga terdapat riwayat dari Usman, Aisyah, Ummu Salamah, Anas, Ibnu Abi Aufa, dan Abu Ayyub.”

Abu Isa berkata, “Aku juga mendengar Ishaq bin Manshur ia berkata, ‘Ahmad bin Hanbal berkata, Ibnu Uyainah berkata, ‘Abdul Karim tidak mendengar dari Hassan bin Bilal hadis tentang menyela-nyela (jenggot).’

Muhammad bin Ismail berkata, “Hadis yang paling shahih dalam bab ini adalah hadis Amir bin Syaqiq dari Abu Wail dari Usman.”

Abu Isa berkata, “Banyak ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi saw. dan generasi setelahnya berkata dengan menggunakan hadis ini untuk berpendapat tentang menyela-nyela jenggot. Imam Asy-Syafi’i juga berkata dengan hadis ini.”

Ahmad berkata, “Jika lupa menyela-nyela jenggot, maka boleh.” Ishaq berkata, “Jika meninggalkannya karena lupa atau mentakwil, maka dianggap cukup. Namun, jika meninggalkannya dengan sengaja, maka harus mengulangi wudhunya.”

Artikel Terkait

Artikel Terbaru