Hadispedia.id – Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam Sunan–nya pada kitab bersuci bab mengusap sepasang khuff bagi musafir dan muqim,
حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو الأَحْوَصِ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ أَبِي النَّجُودِ، عَنْ زِرِّ بْنِ حُبَيْشٍ، عَنْ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْمُرُنَا إِذَا كُنَّا سَفَرًا أَنْ لاَ نَنْزِعَ خِفَافَنَا ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيهِنَّ، إِلاَّ مِنْ جَنَابَةٍ، وَلَكِنْ مِنْ غَائِطٍ وَبَوْلٍ وَنَوْمٍ
هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
وَقَدْ رَوَى الحَكَمُ بْنُ عُتَيْبَةَ، وَحَمَّادٌ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ النَّخَعِيِّ، عَنْ أَبِي عَبْدِ اللهِ الجَدَلِيِّ، عَنْ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ وَلاَ يَصِحُّ
قَالَ عَلِيُّ بْنُ الْمَدِينِيِّ: قَالَ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ: قَالَ شُعْبَةُ: لَمْ يَسْمَعْ إِبْرَاهِيمُ النَّخَعِيُّ مِنْ أَبِي عَبْدِ اللهِ الجَدَلِيِّ حَدِيثَ الْمَسْحِ
وقَالَ زَائِدَةُ: عَنْ مَنْصُورٍ، كُنَّا فِي حُجْرَةِ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيِّ وَمَعَنَا إِبْرَاهِيمُ النَّخَعِيُّ، فَحَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ التَّيْمِيُّ، عَنْ عَمْرِو بْنِ مَيْمُونٍ، عَنْ أَبِي عَبْدِ اللهِ الجَدَلِيِّ، عَنْ خُزَيْمَةَ بْنِ ثَابِتٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْمَسْحِ عَلَى الخُفَّيْنِ
قَالَ مُحَمَّدٌ: أَحْسَنُ شَيْءٍ فِي هَذَا البَابِ حَدِيثُ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ
وَهُوَ قَوْلُ العُلَمَاءِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَالتَّابِعِينَ، وَمَنْ بَعْدَهُمْ مِنَ الفُقَهَاءِ مِثْلِ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، وَابْنِ الْمُبَارَكِ، وَالشَّافِعِيِّ، وَأَحْمَدَ، وَإِسْحَاقَ، قَالُوا: يَمْسَحُ الْمُقِيمُ يَوْمًا وَلَيْلَةً، وَالمُسَافِرُ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ وَلَيَالِيهِنَّ
وَقَدْ رُوِيَ عَنْ بَعْضِ أَهْلِ العِلْمِ أَنَّهُمْ لَمْ يُوَقِّتُوا فِي الْمَسْحِ عَلَى الخُفَّيْنِ، وَهُوَ قَوْلُ مَالِكِ بْنِ أَنَسٍ
وَالتَّوْقِيتُ أَصَحُّ
وَقَدْ رُوِيَ هَذَا الحَدِيثُ، عَنْ صَفْوَانَ بْنِ عَسَّالٍ أَيْضًا مِنْ غَيْرِ حَدِيثِ عَاصِمٍ
Hannad telah menceritakan kepada kami, dia berkata, Abu Al-Ahwash telah menceritakan kepada kami, dari Ashim bin Abu An-Najud, dari Zir bin Hubaish, dari Shafwan bin Assal, dia berkata, “Jika kami sedang berpergian, Rasulullah saw. memerintahkan agar kami tidak membuka khuff (sepatu) kami selama tiga hari tiga malam kecuali ketika kami junub, tetapi kami membukanya karena buang air besar, buang air kecil, dan tidur.
Abu Isa berkata, “Ini Hadis Hasan Shahih”.
Al-Hakam bin Utbah dan Hammad meriwayatkan hadis ini dari Ibrahim An-Nakha’i, dan Abu Abdillah Al-Jadali, dari Khuzaimah bin Tsabit, namun statusnya tidak shahih.
Ali bin Al-Madini berkata, Yahya bin Sa’id berkata, Syu’bah berkata, “Ibrahim An-Nakha’i tidak mendengar dari Abu Abdillah Al-Jadzali tentang hadis mengusap khuff.”
Zaidah berkata dari Manshur, “Kami pernah di kamar Ibrahim At-Taimi, dan Ibrahim An-Nakha’i bersama kami, lalu Ibrahim At-Taimi menceritakan kepada kami dari Amr bin Maimun, dari Abu Abdillah Al-Jadali, dari Khuzaimah bin Tsabit, dari Nabi saw. tentang mengusap dua khuff.”
Muhammad bin Ismail berkata, “Hadis yang paling bagus dalam bab ini adalah hadis riwayat Shafwan bin Assal Al-Muradi.”
Abu Isa berkata, “Ini adalah pendapat mayoritas ulama dari kalangan sahabat Nabi saw., tabi’in, dan orang-orang setelah mereka dari kalangan para ahli fikih; seperti Sufyan Ats-Tsauri, Ibnu Al-Mubarak, As-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq. Mereka berkata, “Orang yang tinggal di rumah mengusap khuffnya selama sehari semalam, sedangkan musafir tiga hari tiga malam.”
Abu Isa berkata, “Diriwayatkan pula dari sebagian ahli ilmu bahwa mereka tidak memberikan batasan waktu dalam mengusap sepasang khuff, dan inilah pendapat Malik bin Anas.”
Abu Isa berkata, “Pendapat yang memberikan batas waktu lebih shahih.”
Hadis ini juga diriwayatkan dari Shafwan bin Assal selain dari hadis Ashim.