Beranda blog Halaman 20

Hadis No. 87 Sunan At-Tirmidzi

0
Sunan At-Tirmidzi
Sunan At-Tirmidzi

Hadispedia.id – Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam Sunannya pada kitab bersuci bab wudhu karena muntah dan mimisan,

حَدَّثَنَا أَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ أَبِي السَّفَرِ- وَهُوَ أَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ الْهَمْدَانِيُّ الْكُوْفِيُّ – وَإِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ، قَالَ أَبُو عُبَيْدَةَ: حَدَّثَنَا، وَقَالَ إِسْحَاقُ: أَخْبَرَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ عَبْدِ الوَارِثِ قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي، عَنْ حُسَيْنٍ الْمُعَلِّمِ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَمْرٍو الأَوْزَاعِيُّ، عَنْ يَعِيشَ بْنِ الوَلِيدِ الْمَخْزُومِيِّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ مَعْدَانَ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَاءَ، فَتَوَضَّأَ، فَلَقِيتُ ثَوْبَانَ فِي مَسْجِدِ دِمَشْقَ، فَذَكَرْتُ ذَلِكَ لَهُ، فَقَالَ: صَدَقَ، أَنَا صَبَبْتُ لَهُ وَضُوءَهُ
قَالَ أَبُوْعِيْسَى: وقَالَ إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ: مَعْدَانُ بْنُ طَلْحَةَ
قَالَ أَبُوْعِيْسَى: وَابْنُ أَبِي طَلْحَةَ أَصَحُّ

قَالَ أَبُوْعِيْسَى: وَقَدْ رَأَى غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ العِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَغَيْرِهِمْ مِنَ التَّابِعِينَ: الوُضُوءَ مِنَ القَيْءِ وَالرُّعَافِ، وَهُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، وَابْنِ الْمُبَارَكِ، وَأَحْمَدَ، وَإِسْحَاقَ
وقَالَ بَعْضُ أَهْلِ العِلْمِ: لَيْسَ فِي القَيْءِ وَالرُّعَافِ وُضُوءٌ، وَهُوَ قَوْلُ مَالِكٍ، وَالشَّافِعِيِّ
وَقَدْ جَوَّدَ حُسَيْنٌ الْمُعَلِّمُ هَذَا الحَدِيثَ
وَحَدِيثُ حُسَيْنٍ أَصَحُّ شَيْءٍ فِي هَذَا البَابِ
وَرَوَى مَعْمَرٌ هَذَا الحَدِيثَ، عَنْ يَحْيَى بْنِ أَبِي كَثِيرٍ فَأَخْطَأَ فِيهِ، فَقَالَ: عَنْ يَعِيشَ بْنِ الوَلِيدِ، عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ الأَوْزَاعِيَّ، وَقَالَ: عَنْ خَالِدِ بْنِ مَعْدَانَ، وَإِنَّمَا هُوَ مَعْدَانُ بْنُ أَبِي طَلْحَةَ

Abu Ubaidah bin Abu As-Safar – Ahmad bin Abdullah Al-Hamdani Al-Kufi – dan Ishaq bin Manshur telah menceritakan kepada kami, Abu Ubaidah berkata, telah menceritakan kepada kami, Ishaq berkata, Abdus Shamad bin Abdul Warits telah mengabarkan kepada kami, ia berkata, ayahku telah menceritakan kepadaku, dari Husain Al-Mu’allim, dari Yahya bin Abu Katsir, ia berkata, Abdurrahman bin Amr Al-Auza’i telah menceritakan kepadaku, dari Ya’ish bin Al-Walid Al-Makhzumi, dari ayahnya, dari Ma’dan bin Abu Thalhah, dari Abu Ad-Darda’, bahwa Rasulullah saw. muntah, lalu beliau berbuka dan berwudhu. Abu Ad-Darda’ berkata, “Lalu aku bertemu dengan Tsauban di masjid Damaskus, aku kabarkan hal itu kepadanya, maka ia pun berkata, “Benar, bahkan akulah yang menuangkan air wudhu kepada beliau.”

Abu Isa berkata, Ishaq bin Manshur berkata, “Ma’dan bin Thalhah.”

Abu Isa berkata, “Sedangkan Ibn Abi Thalhah lebih shahih.”

Abu Isa berkata, “Tidak hanya satu orang ulama dari kalangan sahabat Nabi saw. dan tabi’in yang berpendapat bahwa seseorang itu harus berwudhu karena muntah atau darah (mimisan). Pendapat ini diambil oleh Sufyan Ats-Tsauri, Ibnul Mubarak, Ahmad, dan Ishaq.”

Sedangkan ulama berpendapat bahwa seseorang tidak harus berwudhu karena muntah atau mimisan. Pendapat ini diambil oleh Malik dan Syafi’i. Husain Al-Mu’allim menganggap bahwa hadis ini baik. Dan hadis Husain adalah hadis yang paling baik dalam bab ini. Ma’mar meriwayatkan hadis ini dari Yahya bin Abu Katsir, namun ia salah di dalamnya. Ia berkata, “Dari Ya’isy bin Walid, dari Khalid bin Ma’dan, dari Abu Darda’, dan ia tidak menyebutkan di dalamnya nama Al-Auza’i. Ia menyebutkan dari Khalid bin Ma’dan, padahal ia adalah Ma’dan bin Abu Thalhah.”

Hadis No. 86 Sunan At-Tirmidzi

0
Sunan At-Tirmidzi
Sunan At-Tirmidzi

Hadispedia.id – Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam Sunannya pada kitab bersuci bab tidak berwudhu karena ciuman,

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ، وَهَنَّادٌ، وَأَبُو كُرَيْبٍ، وَأَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ، وَمَحْمُودُ بْنُ غَيْلاَنَ، وَأَبُو عَمَّارٍالْحُسَيْنُ بْنُ حُرَيْثٍ، قَالُوا: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنِ الأَعْمَشِ، عَنْ حَبِيبِ بْنِ أَبِي ثَابِتٍ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبَّلَ بَعْضَ نِسَائِهِ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الصَّلاَةِ وَلَمْ يَتَوَضَّأْ، قَالَ: قُلْتُ: مَنْ هِيَ إِلاَّ أَنْتِ؟قَالَ:  فَضَحِكَتْ
قَالَ أَبُوْعِيْسَى: وَقَدْ رُوِيَ نَحْوُ هَذَا عَنْ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ العِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَالتَّابِعِينَ، وَهُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، وَأَهْلِ الكُوفَةِ، قَالُوا: لَيْسَ فِي القُبْلَةِ وُضُوءٌ
وقَالَ مَالِكُ بْنُ أَنَسٍ، وَالأَوْزَاعِيُّ، وَالشَّافِعِيُّ، وَأَحْمَدُ، وَإِسْحَاقُ: فِي القُبْلَةِ وُضُوءٌ، وَهُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ العِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالتَّابِعِينَ

وَإِنَّمَا تَرَكَ أَصْحَابُنَا حَدِيثَ عَائِشَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي هَذَا لأَنَّهُ لاَ يَصِحُّ عِنْدَهُمْ لِحَالِ الإِسْنَادِ
قَالَ: وسَمِعْت أَبَا بَكْرٍ العَطَّارَ البَصْرِيَّ يَذْكُرُ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْمَدِينِيِّ، قَالَ: ضَعَّفَ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ القَطَّانُ هَذَا الحَدِيثَ، وَقَالَ: هُوَ شِبْهُ لاَ شَيْءَ
قَالَ: وسَمِعْت مُحَمَّدَ بْنَ إِسْمَاعِيلَ يُضَعِّفُ هَذَا الحَدِيثَ وقَالَ: حَبِيبُ بْنُ أَبِي ثَابِتٍ لَمْ يَسْمَعْ مِنْ عُرْوَةَ
وَقَدْ رُوِيَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيِّ، عَنْ عَائِشَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبَّلَهَا وَلَمْ يَتَوَضَّأْ
وَهَذَا لاَ يَصِحُّ أَيْضًا، وَلاَ نَعْرِفُ لِإِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيِّ سَمَاعًا مِنْ عَائِشَةَ، وَلَيْسَ يَصِحُّ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي هَذَا البَابِ شَيْءٌ

Qutaibah, Hannad, Abu Kuraib, Ahmad bin Mani’, Mahmud bin Ghailan, dan Abu Ammar Al-Husain bin Huraits telah menceritakan kepada kami, mereka berkata, Waki’ telah menceritakan kepada kami, dari Al-A’masy, dari Habib bin Abu Tsabit, dari Urwah, dari Aisyah, bahwa Nabi saw. pernah mencium sebagian istri-istrinya, kemudian beliau keluar untuk shalat dan beliau tidak berwudhu lagi. Urwah berkata, aku berkata “Itu pasti engkau sendiri,” Urwah berkata, lalu Aisyah r.a. pun tertawa.

Abu Isa berkata, “Yang telah meriwayatkan hadis ini bukan hanya seorang dari kalangan sahabat Nabi saw. dan tabi’in.” Pendapat ini diambil oleh Sufyan Ats-Tsauri dan penduduk Kufah. Mereka mengatakan, “Tidak ada kewajiban berwudhu karena mencium.”

Sedangkan Malik bin Anas, Al-Auza’i, Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq berpendapat bahwa mencium itu mengharuskan wudhu. Pendapat ini diambil tidak hanya satu dari kalangan ahli ilmu dari sahabat Nabi saw. dan tabi’in. Namun, sahabat sahabat kami meninggalkan hadis dari Aisyah karena menurut mereka lemah dari sisi sanad.

Abu Isa berkata, “Aku mendengar Abu Bakr Al-Aththar Al-Bashri menyebutkan dari Ali Ibn Al-Madini, ia berkata, ‘Yahya bin Sa’id Al-Qaththan melemahkan hadis ini dan ia berkata, ‘Itu sama dengan sesuatu yang tidak ada apa-apanya.” Ia juga berkata, “Aku mendengar Muhammad bin Isma’il melemahkan hadis ini, dan Habib bin Abu Tsabit belum pernah mendengar dari Urwah.”

Telah diriwayatkan dari Ibrahim At-Taimi, dari Aisyah bahwa Nabi saw. pernah menciumnya dan beliau tidak berwudhu lagi. Namun, hadis ini juga tidak sah. Kami tidak pernah mengetahui bahwa Ibrahim At-Taimi pernah mendengar dari Aisyah. Tidak ada hadis yang shahih dari Nabi saw. dalam bab ini.

Hadis No. 85 Sunan At-Tirmidzi

0
Sunan At-Tirmidzi
Sunan At-Tirmidzi

Hadispedia.id – Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam Sunannya pada kitab bersuci bab tidak berwudhu karena menyentuh kemaluan,

حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُلاَزِمُ بْنُ عَمْرٍو، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بَدْرٍ، عَنْ قَيْسِ بْنِ طَلْقِ بْنِ عَلِيٍّ الحَنَفِيُّ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: وَهَلْ هُوَ إِلاَّ مُضْغَةٌ مِنْهُ؟ أَوْ بِضْعَةٌ مِنْهُ؟
قَالَ: وَفِي البَابِ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ
قَالَ أَبُوْعِيْسَى: وَقَدْ رُوِيَ عَنْ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبَعْضِ التَّابِعِينَ: أَنَّهُمْ لَمْ يَرَوْا الوُضُوءَ مِنْ مَسِّ الذَّكَرِ،  وَهُوَ قَوْلُ أَهْلِ الكُوفَةِ، وَابْنِ الْمُبَارَكِ
وَهَذَا الحَدِيثُ أَحَسَنُ شَيْءٍ رُوِيَ فِي هَذَا البَابِ
وَقَدْ رَوَى هَذَا الحَدِيثَ أَيُّوبُ بْنُ عُتْبَةَ، وَمُحَمَّدُ بْنُ جَابِرٍ، عَنْ قَيْسِ بْنِ طَلْقٍ، عَنْ أَبِيهِ
وَقَدْ تَكَلَّمَ بَعْضُ أَهْلِ الحَدِيثِ فِي مُحَمَّدِ بْنِ جَابِرٍ، وَأَيُّوبَ بْنِ عُتْبَةَ
وَحَدِيثُ مُلاَزِمِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بَدْرٍ أَصَحُّ وَأَحْسَنُ

Hannad telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Mulazim bin Amr telah menceritakan kepada kami, dari Abdullah bin Badr, dari Qais bin Thalq bin Ali Al-Hanafi, dari ayahnya, dari Nabi saw., beliau bersabda, “Kemaluan hanyalah segumpal atau sepotong daging dari seseorang.”

Ia berkata, “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abu Umamah.”

Abu Isa berkata, “Diriwayatkan tidak hanya dari satu sahabat Nabi saw. dan sebagian tabi’in, mereka berpendapat bahwa tidak ada wudhu karena menyentuh kemaluan. Ini adalah pendapat yang diambil oleh penduduk Kufah dan Ibnu Mubarak.”

Dan hadis ini adalah sebaik-baik hadis yang diriwayatkan dalam bab ini.

Hadis ini diriwayatkan oleh Ayyub bin Utbah dan Muhammad bin Jabir, dari Qais bin Thalq, dari bapaknya. Namun ada beberapa ulama yang masih memperbincangkan tentang Muhammad bin Jabir dan Ayyub bin Utbah. Dan hadis Mulazim bin Amr bin Abdullah bin Badr lebih shahih dan lebih baik.

Hadis No. 84 Sunan At-Tirmidzi

0
Sunan At-Tirmidzi
Sunan At-Tirmidzi

Hadispedia.id – Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam Sunannya pada kitab bersuci bab wudhu karena menyentuh kemaluan,

وَرَوَى هَذَا الحَدِيثَ أَبُو الزِّنَادِ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ بُسْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، حَدَّثَنَا بِذَلِكَ عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ أَبِي الزِّنَادِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عُرْوَةَ، عَنْ بُسْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ، وَهُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالتَّابِعِينَ، وَبِهِ يَقُولُ الأَوْزَاعِيُّ، وَالشَّافِعِيُّ، وَأَحْمَدُ، وَإِسْحَاقُ
قَالَ مُحَمَّدٌ: أَصَحُّ شَيْءٍ فِي هَذَا البَابِ حَدِيثُ بُسْرَةَ
وقَالَ أَبُو زُرْعَةَ: حَدِيثُ أُمِّ حَبِيبَةَ فِي هَذَا البَابِ صَحِيحٌ، وَهُوَ حَدِيثُ العَلاَءِ بْنِ الحَارِثِ، عَنْ مَكْحُولٍ، عَنْ عَنْبَسَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ، عَنْ أُمِّ حَبِيبَةَ
وقَالَ مُحَمَّدٌ: لَمْ يَسْمَعْ مَكْحُولٌ مِنْ عَنْبَسَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ، وَرَوَى مَكْحُولٌ، عَنْ رَجُلٍ، عَنْ عَنْبَسَةَ غَيْرَ هَذَا الحَدِيثِ
وَكَأَنَّهُ لَمْ يَرَ هَذَا الحَدِيثَ صَحِيحًا

Abu Az-Zanad juga telah meriwayatkan hadis ini dari Urwah, dari Busrah, dari Nabi saw. Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami dengan hadis itu, ia berkata, Abdurrahman bin Abu Az-Zanad telah menceritakan kepada kami, dari ayahnya, dari Urwah, dari Busrah, dari Nabi saw. semisal hadis tersebut. Dan ini adalah pendapat tidak hanya seorang, dari para sahabat Nabi saw. dan tabi’in. Hal ini juga diambil oleh Al-Auza’i, As-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq. Muhammad berkata, “Hadis yang paling shahih dalam bab ini adalah hadis Busrah.”

Abu Zur’ah berkata, “Hadis Ummu Habibah dalam bab ini itu shahih, yaitu hadis Al-Ala’ bin Al-Harits, dari Makhul, dari Anbasah bin Abu Sufyan, dari Ummu Habibah.”

Muhammad berkata, “Makhul tidak pernah mendengar dari Anbasah bin Abu Sufyan.” Sedangkan Makhul meriwayatkan dari seorang laki-laki, dari Anbasah selain hadis ini, seakan akan ia berpendapat bahwa hadis ini shahih.

Hadis No. 83 Sunan At-Tirmidzi

0
Sunan At-Tirmidzi
Sunan At-Tirmidzi

Hadispedia.id – Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam Sunannya pada kitab bersuci bab wudhu karena menyentuh kemaluan,

وَرَوَى أَبُو أُسَامَةَ، وَغَيْرُ وَاحِدٍ هَذَا الحَدِيثَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ مَرْوَانَ، عَنْ بُسْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ، حَدَّثَنَا بِذَلِكَ إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ بِهَذَا

Abu Usamah dan tidak hanya satu rawi juga meriwayatkan hadis ini, dari Hisyam bin Urwah, dari ayahnya, dari Marwan, dari Busrah, dari Nabi saw. Ishaq bin Manshur telah menceritakan kepada kami dengan hadis ini, ia berkata, Abu Usamah telah menceritakan kepada kami seperti ini.

Hadis No. 118 Sunan Abi Daud

0
Sunan Abu Daud
Sunan Abu Daud

Hadispedia.id – ِAl-Imam Abu Daud; Sulaiman bin Al-Asy’ats berkata di dalam Sunan-nya pada kitab bersuci bab wudhu dua kali-dua kali,

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ، حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بِشْرٍ، حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ سَعْدٍ، حَدَّثَنَا زَيْدٌ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَسَارٍ، قَالَ: قَالَ لَنَا ابْنُ عَبَّاسٍ: أَتُحِبُّونَ أَنْ أُرِيَكُمْ كَيْفَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ؟ «فَدَعَا بِإِنَاءٍ فِيهِ مَاءٌ فَاغْتَرَفَ غَرْفَةً بِيَدِهِ الْيُمْنَى فَتَمَضْمَضَ وَاسْتَنْشَقَ، ثُمَّ أَخَذَ أُخْرَى فَجَمَعَ بِهَا يَدَيْهِ، ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ، ثُمَّ أَخَذَ أُخْرَى فَغَسَلَ بِهَا يَدَهُ الْيُمْنَى، ثُمَّ أَخَذَ أُخْرَى فَغَسَلَ بِهَا يَدَهُ الْيُسْرَى، ثُمَّ قَبَضَ قَبْضَةً مِنَ الْمَاءِ، ثُمَّ نَفَضَ يَدَهُ، ثُمَّ مَسَحَ بِهَا رَأْسَهُ وَأُذُنَيْهِ، ثُمَّ قَبَضَ قَبْضَةً أُخْرَى مِنَ الْمَاءِ فَرَشَّ عَلَى رِجْلِهِ الْيُمْنَى، وَفِيهَا النَّعْلُ، ثُمَّ مَسَحَهَا بِيَدَيْهِ يَدٍ فَوْقَ الْقَدَمِ وَيَدٍ تَحْتَ النَّعْلِ، ثُمَّ صَنَعَ بِالْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ

Usman bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Muhammad bin Bisyr telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Hisyam bin Sa’d telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Zaid telah menceritakan kepada kami, dari Atha’ bin Yasar, ia berkata, Ibnu Abbas telah berkata kepada kami, Maukah aku perlihatkan kepada kalian bagaimana Rasulullah saw. berwudhu? Dia meminta untuk didatangkan bejana berisi air, lalu ia menciduknya sekali dengan tangan kanannya, lantas berkumur dan berinstinsyaq, kemudian ia menggabungkan kedua tangannya dengan sekali ciduk itu, lalu ia membasuh wajahnya. Setelah itu, ia mengambil lagi sekali cidukan, lalu membasuh tangan kanannya dengannya, kemudian ia mengambilnya lagi, lalu membasuh tangan kirinya. Setelah itu, ia mengambil segenggam air, lalu mengibaskan tangannya, kemudian mengusapkannya pada kepala dan kedua telinganya. Setelah itu mengambil satu genggaman lagi, lalu dipercikkannya ke atas kaki kanannya yang dalam keadaan bersandal, kemudian mengusapnya dengan kedua tangannya, satu tangan di atas kakinya dan tangan lainnya di bawah sandal. Kemudian ia melakukannya pula seperti itu pada kakinya yang kirinya.

Hadis No. 117 Sunan Abi Daud

0
Sunan Abu Daud
Sunan Abu Daud

Hadispedia.id – ِAl-Imam Abu Daud; Sulaiman bin Al-Asy’ats berkata di dalam Sunan-nya pada kitab bersuci bab wudhu dua kali-dua kali,

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ، حَدَّثَنَا زَيْدٌ يَعْنِي ابْنَ الْحُبَابِ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ ثَوْبَانَ، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْفَضْلِ الْهَاشِمِيُّ، عَنِ الْأَعْرَجِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَوَضَّأَ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ

Muhammad bin Al-Ala’ telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Zaid bin Al-Hubab telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdurrahman bin Tsauban telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdurrahman bin Al-Fadhl Al-Hasyimi telah menceritakan kepada kami, dari Al-A’raj, dari Abu Hurairah r.a., bahwa Nabi saw. pernah berwudhu dua kali dua kali (basuhan/usapan).

Penjelasan:

Syekh Abadi dalam kitab Aunul Ma’bud Syarah Sunan Abi Daud mengutip pendapat Imam An-Nawawi. Beliau mengatakan bahwa umat Muslim telah sepakat basuhan anggota wudhu yang wajib itu sekali sekali. Namun, sunnahnya adalah tiga kali basuhan. Hadis-hadis yang sampai pun ada yang menggunakan redaksi basuhan sekali sekali, dua kali dua kali, dan tiga kali tiga kali. Atau sebagian anggota wudhu tiga kali, sementara yang lainnya dua kali. Perbedaan redaksi hadis tersebut merupakan dalil bolehnya melakukan semuanya (boleh satu kali, dua kali, atau tiga kali). Hanya saja sempurnanya adalah tiga kali, sedangkan satu kali itu sudah mencukupi (basuhan wudhu).

Hadis No. 116 Sunan Abi Daud

0
Sunan Abu Daud
Sunan Abu Daud

Hadispedia.id – ِAl-Imam Abu Daud; Sulaiman bin Al-Asy’ats berkata di dalam Sunan-nya pada kitab bersuci bab wudhu tiga kali-tiga kali,

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْ مُوسَى بْنِ أَبِي عَائِشَةَ، عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ جَدِّهِ، أَنَّ رَجُلًا أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: «يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الطُّهُورُ فَدَعَا بِمَاءٍ فِي إِنَاءٍ فَغَسَلَ كَفَّيْهِ ثَلَاثًا، ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلَاثًا، ثُمَّ غَسَلَ ذِرَاعَيْهِ ثَلَاثًا، ثُمَّ مَسَحَ بِرَأْسِهِ فَأَدْخَلَ إِصْبَعَيْهِ السَّبَّاحَتَيْنِ فِي أُذُنَيْهِ، وَمَسَحَ بِإِبْهَامَيْهِ عَلَى ظَاهِرِ أُذُنَيْهِ، وَبِالسَّبَّاحَتَيْنِ بَاطِنَ أُذُنَيْهِ، ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ ثَلَاثًا ثَلَاثًا»، ثُمَّ قَالَ: هَكَذَا الْوُضُوءُ فَمَنْ زَادَ عَلَى هَذَا أَوْ نَقَصَ فَقَدْ أَسَاءَ وَظَلَمَ – أَوْ ظَلَمَ وَأَسَاءَ

Musaddad telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abu Awanah telah menceritakan kepada kami, dari Musa bin Abu Aisyah, dari Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dari kakeknya, bahwa ada seorang lelaki datang kepada Nabi saw. seraya berkata, “Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara bersuci? Maka beliau memerintahkan untuk didatangkan air di dalam bejana, lalu beliau membasuh telapak tangannya tiga kali, kemudian beliau membasuh wajahnya tiga kali, lalu beliau membasuh kedua lengannya tiga kali, kemudian mengusap kepalanya lalu memasukkan kedua jari telunjuknya pada kedua telinganya, dan mengusap bagian luarnya dengan kedua ibu jarinya dan bagian dalam kedua telinga dengan kedua jari telunjuknya, kemudian membasuh kedua kakinya tiga kali-tiga kali.” Kemudian beliau bersabda, “Beginilah cara berwudhu, barang siapa yang menambah atau mengurangi dari keterangan ini, maka ia telah berbuat kejelekan dan kezaliman atau kezaliman dan kejelekan.”

Hadis No. 115 Sunan Abi Daud

0
Sunan Abu Daud
Sunan Abu Daud

Hadispedia.id – ِAl-Imam Abu Daud; Sulaiman bin Al-Asy’ats berkata di dalam Sunan-nya pada kitab bersuci bab sifat wudhu Nabi saw.,

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَنَا حَمَّادٌ، ح وَحَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ، وَقُتَيْبَةُ، عَنْ حَمَّادِ بْنِ زَيْدٍ، عَنْ سِنَانِ بْنِ رَبِيعَةَ، عَنْ شَهْرِ بْنِ حَوْشَبٍ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، وَذَكَرَ وُضُوءَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَمْسَحُ الْمَأْقَيْنِ»، قَالَ: وَقَالَ: «الْأُذُنَانِ مِنَ الرَّأْسِ»، قَالَ سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ: يَقُولُهَا: أَبُو أُمَامَةَ، قَالَ قُتَيْبَةُ: قَالَ حَمَّادٌ: لَا أَدْرِي هُوَ مِنْ قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ مِنْ أَبِي أُمَامَةَ – يَعْنِي قِصَّةَ الْأُذُنَيْنِ – قَالَ قُتَيْبَةُ: عَنْ سِنَانٍ أَبِي رَبِيعَةَ، قَالَ أَبُو دَاوُدَ: وَهُوَ ابْنُ رَبِيعَةَ كُنْيَتُهُ أَبُو رَبِيعَةَ

Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Hammad telah menceritakan kepada kami, ha (at-tahwil). Musaddad dan Qutaibah telah menceritakan kepada kami dari Hammad bin Zaid, dari Sinan bin Rabi’ah, dari Syahr bin Hausyab, dari Abu Umamah, ia menyebutkan wudhu Rasulullah saw. seraya berkata, “Rasulullah saw. mengusap bagian bawah mata, ia berkata, beliau bersabda, “Kedua telinga adalah bagian dari kepala.” Sulaiman bin Harb berkata bahwa kata-kata ini diucapkan oleh Abu Umamah. Qutaibah berkata, Hammad berkata, “Aku tidak tahu apakah ucapan ini dari Rasulullah saw. atau dari Abu Umamah – yakni kisah tentang dua telinga-.” Qutaibah berkata, dari Sinan bin Abu Rabi’ah. Abu Daud berkata, “Ia adalah Ibnu Rabi’ah, nama kunyahnya adalah Abu Rabi’ah.”

Hadis No. 114 Sunan Abi Daud

0
Sunan Abu Daud
Sunan Abu Daud

Hadispedia.id – ِAl-Imam Abu Daud; Sulaiman bin Al-Asy’ats berkata di dalam Sunan-nya pada kitab bersuci bab sifat wudhu Nabi saw.,

حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ، حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ، أَخْبَرَنَا عَبَّادُ بْنُ مَنْصُورٍ، عَنْ عِكْرِمَةَ بْنِ خَالِدٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، رَأَى رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ – فَذَكَرَ الْحَدِيثَ – كُلَّهُ ثَلَاثًا ثَلَاثًا، قَالَ: وَمَسَحَ بِرَأْسِهِ وَأُذُنَيْهِ مَسْحَةً وَاحِدَةً

Al-Hasan bin Ali telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Yazid bin Harun telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abbad bin Manshur telah mengabarkan kepada kami, dari Ikrimah bin Khalid, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu Abbas, ia pernah melihat Rasulullah saw. berwudhu- lalu ia menyebutkan hadis seluruhnya – tiga kali tiga kali. Dia menyebutkan, dan Rasulullah saw. mengusap kepala dan kedua telinganya dengan satu kali.