Beranda blog Halaman 68

Hadis No. 11 Sunan At-Tirmidzi

0
Sunan At-Tirmidzi
Sunan At-Tirmidzi

قَالَ الْاِمَامُ التِّرْمِذِيُّ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ باب مَا جَاءَ مِنَ الرُّخْصَةِ فِى ذَلِكَ

حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ عَنْ عَمِّهِ وَاسِعِ بْنِ حَبَّانَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ رَقِيتُ يَوْمًا عَلَى بَيْتِ حَفْصَةَ فَرَأَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- عَلَى حَاجَتِهِ مُسْتَقْبِلَ الشَّأْمِ مُسْتَدْبِرَ الْكَعْبَةِ. قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab rukhsah dalam hal tersebut (buang hajat menghadap atau membelakangi kiblat),

Hannad telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdah bin Sulaiman telah menceritakan kepada kami, dari Ubaidullah bin Umar dari Muhammad bin Yahya bin Habban, dari pamannya; Wasi’ bin Habban dari Ibnu Umar, ia berkata, “Suatu hari, aku naik ke loteng rumah Hafshah, lalu aku melihat Nabi saw. sedang buang hajat sambil menghadap ke arah Syam dengan membelakangi ka’bah.” Abu Isa berkata, “Ini hadis hasan shahih.”

Hadis No. 10 Sunan At-Tirmidzi

0
Sunan At-Tirmidzi
Sunan At-Tirmidzi

قَالَ الْاِمَامُ التِّرْمِذِيُّ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ باب مَا جَاءَ مِنَ الرُّخْصَةِ فِى ذَلِكَ

وَقَدْ رَوَى هَذَا الْحَدِيثَ ابْنُ لَهِيعَةَ عَنْ أَبِى الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ عَنْ أَبِى قَتَادَةَ أَنَّهُ رَأَى النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- يَبُولُ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ. حَدَّثَنَا بِذَلِكَ قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا ابْنُ لَهِيعَةَ. وَحَدِيثُ جَابِرٍ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَصَحُّ مِنْ حَدِيثِ ابْنِ لَهِيعَةَ. وَابْنُ لَهِيعَةَ ضَعِيفٌ عِنْدَ أَهْلِ الْحَدِيثِ ضَعَّفَهُ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْقَطَّانُ وَغَيْرُهُ مِنْ قِبَلِ حِفْظِهِ

Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab rukhsah dalam hal tersebut (buang hajat menghadap atau membelakangi kiblat),

Ibnu Lahi’ah telah meriwayatkan hadis ini dari Abu Az-Zubair dari Jabir dari Abu Qatadah, bahwa ia pernah melihat Nabi saw. buang air kecil menghadap kiblat. Qutaibah telah menceritakan kepada kami dengan riwayat tersebut, ia berkata, Ibnu Lahi’ah telah menceritakan kepada kami. Hadis Jabir dari Nabi saw. lebih shahih dari pada hadis Ibnu Lahi’ah. Menurut ahli Hadis, Ibnu Lahi’ah dhaif. Imam Yahya bin Sa’id Al-Qattan dan lainnya pun mendhaifkankannya dari sisi hafalannya.

Hadis No. 9 Sunan At-Tirmidzi

0
Sunan At-Tirmidzi
Sunan At-Tirmidzi

قَالَ الْاِمَامُ التِّرْمِذِيُّ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ باب مَا جَاءَ مِنَ الرُّخْصَةِ فِى ذَلِكَ

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى قَالاَ حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ حَدَّثَنَا أَبِى عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ عَنْ أَبَانَ بْنِ صَالِحٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ نَهَى النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- أَنْ نَسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةَ بِبَوْلٍ فَرَأَيْتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْبَضَ بِعَامٍ يَسْتَقْبِلُهَا. وَفِى الْبَابِ عَنْ أَبِى قَتَادَةَ وَعَائِشَةَ وَعَمَّارِ بْنِ يَاسِرٍ
قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ جَابِرٍ فِى هَذَا الْبَابِ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ

Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab rukhsah dalam hal tersebut (buang hajat menghadap atau membelakangi kiblat),

Muhammad bin Basyar dan Muhammad bin Al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami, mereka berkata, Wahb bin Jarir telah menceritakan kepada kami, ia berkata, ayahku telah menceritakan kepada kami dari Muhammad bin Ishaq dari Aban bin Shalih dari Mujahid dari Jabir bin Abdullah, ia berkata, “Nabi saw. melarang menghadap ke arah kiblat ketika hendak kencing. Namun, aku melihat beliau setahun sebelum wafat, beliau menghadap kiblat (saat buang air kecil).”

Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abu Qatadah, Aisyah, dan Ammar bin Yasir. Abu Isa berkata, “Dalam bab ini, hadis riwayat Jabir derajatnya adalah hasan gharib.”

 

Hadis No. 8 Sunan At-Tirmidzi

0
Sunan At-Tirmidzi
Sunan At-Tirmidzi

قَالَ الْاِمَامُ التِّرْمِذِيُّ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ باب فِى النَّهْىِ عَنِ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ بِغَائِطٍ أَوْ بَوْلٍ

حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْمَخْزُومِىُّ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنِ الزُّهْرِىِّ عَنْ عَطَاءِ بْنِ يَزِيدَ اللَّيْثِىِّ عَنْ أَبِى أَيُّوبَ الأَنْصَارِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِذَا أَتَيْتُمُ الْغَائِطَ فَلاَ تَسْتَقْبِلُوا الْقِبْلَةَ بِغَائِطٍ وَلاَ بَوْلٍ وَلاَ تَسْتَدْبِرُوهَا وَلَكِنْ شَرِّقُوا أَوْ غَرِّبُوا ».

فَقَالَ أَبُو أَيُّوبَ فَقَدِمْنَا الشَّأْمَ فَوَجَدْنَا مَرَاحِيضَ قَدْ بُنِيَتْ مُسْتَقْبَلَ الْقِبْلَةِ فَنَنْحَرِفُ عَنْهَا وَنَسْتَغْفِرُ اللَّهَ. قَالَ أَبُو عِيسَى وَفِى الْبَابِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ بْنِ جَزْءٍ الزُّبَيْدِىِّ وَمَعْقِلِ بْنِ أَبِى الْهَيْثَمِ وَيُقَالُ مَعْقِلُ بْنُ أَبِى مَعْقِلٍ وَأَبِى أُمَامَةَ وَأَبِى هُرَيْرَةَ وَسَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ

قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ أَبِى أَيُّوبَ أَحْسَنُ شَىْءٍ فِى هَذَا الْبَابِ وَأَصَحُّ. وَأَبُو أَيُّوبَ اسْمُهُ خَالِدُ بْنُ زَيْدٍ. وَالزُّهْرِىُّ اسْمُهُ مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمِ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ شِهَابٍ الزُّهْرِىُّ وَكُنْيَتُهُ أَبُو بَكْرٍ. قَالَ أَبُو الْوَلِيدِ الْمَكِّىُّ قَالَ أَبُو عَبْدِ اللَّهِ مُحَمَّدُ بْنُ إِدْرِيسَ الشَّافِعِىُّ إِنَّمَا مَعْنَى قَوْلِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- « لاَ تَسْتَقْبِلُوا الْقِبْلَةَ بِغَائِطٍ وَلاَ بِبَوْلٍ وَلاَ تَسْتَدْبِرُوهَا ».

إِنَّمَا هَذَا فِى الْفَيَافِى وَأَمَّا فِى الْكُنُفِ الْمَبْنِيَّةِ لَهُ رُخْصَةٌ فِى أَنْ يَسْتَقْبِلَهَا. وَهَكَذَا قَالَ إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ. وَقَالَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ رَحِمَهُ اللَّهُ إِنَّمَا الرُّخْصَةُ مِنَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فِى اسْتِدْبَارِ الْقِبْلَةِ بِغَائِطٍ أَوْ بَوْلٍ وَأَمَّا اسْتِقْبَالُ الْقِبْلَةِ فَلاَ يَسْتَقْبِلُهَا كَأَنَّهُ لَمْ يَرَ فِى الصَّحْرَاءِ وَلاَ فِى الْكُنُفِ أَنْ يَسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةَ

Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab larangan menghadap kiblat ketika buang air besar atau air kecil,

Sa’id bin Abdurrahman Al-Makhzumi telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Sufyan bin Uyainah telah menceritakan kepada kami, dari Az-Zuhri dari Atha’ bin Yazid Al-Laitsi dari Abu Ayyub Al-Anshari, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Jika engkau buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya, baik buang air besar atau air kecil. Tetapi, menghadaplah ke timur atau barat.”

Abu Ayyub berkata, “Ketika kami tiba di Syam, kami mendapati WC mereka dibangun menghadap arah kiblat, maka kami berpaling darinya dan beristighfar kepada Allah.” Abu Isa (yakni Al-Imam At-Tirmidzi) berkata, “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Abdullah bin Al-Harits bin Jazi’ Az-Zubaidi dan Ma’qil bin Abu Al-Haitsam – disebut juga dengan Ma’qil bin Abu Umamah -, Abu Hurairah, dan Suhail bin Hanif.”

Abu Isa berkata, “Dalam bab ini, hadis riwayat Abu Ayyub namanya adalah Khalid bin Zaid, sedangkan Az-Zuhri namanya adalah Muhammad bin Muslim bin Ubaidullah bin Syihab Az-Zuhri, nama kunyahnya adalah Abu Bakr.” Abu Al-Walid Al-Maliki berkata, Abu Abdullah Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i berkata, “Sesungguhnya makna dari sabda Nabi saw. ‘Janganlah kalian menghadap kiblat atau membelakanginya ketika buang air besar atau kecil’ adalah di tempat yang terbuka. Adapun jika di dalam bangunan yang tertutup maka di sana ada keringanan untuk menghadap kiblat.”

Seperti ini pula yang dikatakan oleh Ishaq bin Ibrahim. Sedangkan Ahmad bin Hanbal rahimahullah mengatakan, “Keringanan ketika buang air besar atau kecil dari Nabi saw. itu hanya untuk membelakanginya. Adapun menghadap ke arahnya tetap tidak diperbolehkan.” Seakan-akan Imam Ahmad tidak membedakan di padang pasir atau dalam bangunan yang tertutup untuk menghadap ke arah kiblat.

Hadis No. 13 Sunan Abi Daud

0
Sunan Abu Daud
Sunan Abu Daud

قَالَ الْاِمَامُ أَبُو دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ الأَشْعَثِ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ بَاب كَيْفَ التَّكَشُّفُ عِنْدَ الْحَاجَةِ

حَدَّثَنَا زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ رَجُلٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَرَادَ حَاجَةً لَا يَرْفَعُ ثَوْبَهُ حَتَّى يَدْنُوَ مِنْ الْأَرْضِ

قَالَ أَبُو دَاوُد رَوَاهُ عَبْدُ السَّلَامِ بْنُ حَرْبٍ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ وَهُوَ ضَعِيفٌ قَالَ أَبُو عِيسَى الرَّمْلِيُّ حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَوْنٍ أَخْبَرَنَا عَبْدُ السَّلَامِ بِهِ

ِAl-Imam Abu Daud; Sulaiman bin Al-Asy’ats berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab cara membuka pakaian saat buang hajat,

Zuhair bin Harb telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Waki’ telah menceritakan kepada kami, dari Al-A’masy dari seorang laki-laki dari Ibnu Umar, bahwasanya Nabi saw. apabila hendak buang hajat, beliau tidak mengangkat pakaiannya hingga telah dekat dari tanah.

Abu Daud berkata, “Diriwayatkan (juga) oleh Abdus Salam bin Harb dari Harb dari Al-A’masy dari Anas bin Malik, namun ia dhaif.” Abu Isa Ar-Ramli berkata, “Ahmad bin Al-Walid telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Amr bin Aun telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdus Salam telah mengabarkan kepada kami dengan hadis ini.”

Hadis No. 12 Sunan Abi Daud

0
Sunan Abu Daud
Sunan Abu Daud

قَالَ الْاِمَامُ أَبُو دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ الأَشْعَثِ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ بَاب الرُّخْصَةِ فِي ذَلِكَ

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا وَهْبُ بْنُ جَرِيرٍ حَدَّثَنَا أَبِي قَالَ سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ إِسْحَقَ يُحَدِّثُ عَنْ أَبَانَ بْنِ صَالِحٍ عَنْ مُجَاهِدٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ نَهَى نَبِيُّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةَ بِبَوْلٍ فَرَأَيْتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْبَضَ بِعَامٍ يَسْتَقْبِلُهَا

ِAl-Imam Abu Daud; Sulaiman bin Al-Asy’ats berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab rukhshah dalam hal tersebut (menghadap kiblat saat buang hajat),

Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Wahb bin Jarir telah menceritakan kepada kami, ia berkata, ayahku telah menceritakan kepada kami, ia berkata, aku mendengar Muhammad bin Ishaq yang menceritakan hadis dari Aban bin Shalih dari Mujahid dari Jabir bin Abdullah, ia berkata, “Nabiyullah saw. telah pernah melarang kami untuk menghadap kiblat saat buang air kecil, kemudian aku melihat beliau setahun sebelum wafat, buang air kecil menghadap kiblat.”

Hadis No. 11 Sunan Abi Daud

0
Sunan Abu Daud
Sunan Abu Daud

قَالَ الْاِمَامُ أَبُو دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ الأَشْعَثِ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ بَاب الرُّخْصَةِ فِي ذَلِكَ

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ عَنْ مَالِكٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ عَنْ عَمِّهِ وَاسِعِ بْنِ حَبَّانَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ لَقَدْ ارْتَقَيْتُ عَلَى ظَهْرِ الْبَيْتِ فَرَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى لَبِنَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ بَيْتِ الْمَقْدِسِ لِحَاجَتِهِ

ِAl-Imam Abu Daud; Sulaiman bin Al-Asy’ats berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab rukhshah dalam hal tersebut (menghadap kiblat saat buang hajat),

Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami dari Yahya bin Sa’id dari Muhammad bin Yahya bin Habban dari pamannya; Wasi’ bin Habban dari Abdullah bin Umar, ia berkata, “Sungguh, aku pernah naik atap rumah, lalu aku melihat Rasulullah saw. di atas dua batu bata menghadap Baitul Maqdis untuk buang hajat.”

Hadis No. 10 Sunan Abi Daud

0
Sunan Abu Daud
Sunan Abu Daud

قَالَ الْاِمَامُ أَبُو دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ الأَشْعَثِ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ بَابِ كَرَاهِيَةِ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ عِنْدَ قَضَاءِ الْحَاجَةِ

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى بْنِ فَارِسٍ حَدَّثَنَا صَفْوَانُ بْنُ عِيسَى عَنْ الْحَسَنِ بْنِ ذَكْوَانَ عَنْ مَرْوَانَ الْأَصْفَرِ قَالَ رَأَيْتُ ابْنَ عُمَرَ أَنَاخَ رَاحِلَتَهُ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ثُمَّ جَلَسَ يَبُولُ إِلَيْهَا فَقُلْتُ يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَلَيْسَ قَدْ نُهِيَ عَنْ هَذَا قَالَ بَلَى إِنَّمَا نُهِيَ عَنْ ذَلِكَ فِي الْفَضَاءِ فَإِذَا كَانَ بَيْنَكَ وَبَيْنَ الْقِبْلَةِ شَيْءٌ يَسْتُرُكَ فَلَا بَأْسَ

ِAl-Imam Abu Daud; Sulaiman bin Al-Asy’ats berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab makruhnya menghadap kiblat saat buang hajat,

Muhammad bin Yahya bin Faris telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Shafwan bin Isa telah menceritakan kepada kami dari Al-Hasan bin Dzakwan dari Marwan Al-Ashfar, ia berkata, “Aku melihat Ibnu Umar menderumkan tunggangannya menghadap kiblat, lalu ia duduk dan buang air kecil dalam keadaan duduk menghadapnya, lalu aku bertanya, “Wahai Abu Abdirrahman, bukankah hal ini telah dilarang?” Dia menjawab, “Benar, akan tetapi hal itu dilarang jika dilakukan di tempat terbuka, apabila antara dirimu dan kiblat ada sesuatu yang menutupinya, maka tidak apa-apa.”

Hadis No. 9 Sunan Abi Daud

0
Sunan Abu Daud
Sunan Abu Daud

قَالَ الْاِمَامُ أَبُو دَاوُدَ سُلَيْمَانُ بْنُ الأَشْعَثِ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ بَابِ كَرَاهِيَةِ اسْتِقْبَالِ الْقِبْلَةِ عِنْدَ قَضَاءِ الْحَاجَةِ

حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَعِيلَ حَدَّثَنَا وُهَيْبٌ حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ يَحْيَى عَنْ أَبِي زَيْدٍ عَنْ مَعْقِلِ بْنِ أَبِي مَعْقِلٍ الْأَسَدِيِّ قَالَ
نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نَسْتَقْبِلَ الْقِبْلَتَيْنِ بِبَوْلٍ أَوْ غَائِطٍ

قَالَ أَبُو دَاوُد وَأَبُو زَيْدٍ هُوَ مَوْلَى بَنِي ثَعْلَبَةَ

ِAl-Imam Abu Daud; Sulaiman bin Al-Asy’ats berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab makruhnya menghadap kiblat saat buang hajat,

Musa bin Isma’il telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Wuhaib telah menceritakan kepada kami, ia berkata, ‘Amr bin Yahya telah menceritakan kepada kami dari Abu Zaid dari Ma’qil bin Abu Ma’qil Al-Asadi, ia berkata, “Rasulullah saw. melarang kami menghadap dua kiblat (Ka’bah dan Baitul Maqdis) saat buang air kecil atau buang air besar.”

Abu Daud berkata, “Abu Zaid adalah mantan sahaya Bani Tsa’labah.

Mubham dalam Ilmu Hadis

0
mubham dalam ilmu hadis
mubham dalam ilmu hadis

Hadispedia.id – Dalam ilmu nahwu, biasa dikenal istilah “isim mubham”. Yang termasuk isim mubham adalah isim mausul dan isim isyarah. Nah, di dalam ilmu hadis juga terdapat istilah mubham. Istilah yang sama dengan pengertian yang berbeda ini memiliki satu titik kesamaaan, yaitu dari sisi lughawi yang berarti tidak diketahui atau tidak jelas.

Dalam membaca suatu hadis nabi, lalu ditemukan nama orang yang disamarkan, baik di sanad hadisnya, ataupun di matannya, seperti penyebutan “seorang laki-laki” atau “seorang perempuan”, atau “anak si fulan”, “suami fulan”, “keponakan si fulan” dan kata-kata lain yang menunjukkan ketidak-jelasan sosok yang dibicarakan, atau adanya banyak kemungkinan orang, maka orang tersebut dalam ilmu hadis disebut dengan mubham.

Mubham secara umum dibagi dua, yaitu mubham dalam sanad hadis, dan mubham di dalam matan hadis.

Mubham di dalam matan hadis tidak memiliki pengaruh kepada keshahihan dan kedhaifan suatu hadis, akan tetapi mengetahui siapa yang disamarkan di dalam suatu matan hadis juga diperlukan untuk mengetahui sosok yang dibicarakan dalam matan hadis. Jika pembicaraan dalam matan hadis itu mengenai sosok yang baik, maka dapat diketahui adanya keutamaan sosok tersebut. Jika yang dibicarakan terkait keburukan, maka mengetahui sosok yang disamarkan dapat untuk menghilangkan praduga terhadap sosok-sosok yang lain.

Berbeda halnya dengan mubham dalam sanad hadis. Jika terdapat nama yang disamarkan di dalam sanad hadis, itu artinya sosok perawi yang disamarkan itu tidak dikenali, sehingga tidak dapat diketahui apakah sosok tersebut memiliki sifat ‘adalah atau tidak, yang menjadi penentu riwayatnya diterima atau ditolak.

Oleh karena semua Sahabat Nabi memiliki sifat ‘adalah, maka jika yang disamarkan tersebut adalah seorang Sahabat Nabi, kesamarannya tidak mempengaruhi pada ketidak-shahihan suatu hadis. Jadi, mubham di sanad yang mempengaruhi kedhaifan suatu hadis hanya berlaku di selain Sahabat.

Kesamaran dalam matan dan sanad suatu hadis dapat diketahui siapa sebenarnya, dengan dua cara, yaitu:

Pertama, dengan membandingkan satu riwayat dengan riwayat yang lain. Bisa jadi, di suatu riwayat, nama sosok perawi atau sosok di matan hadis disamarkan, namun di riwayat dengan jalur yang lain, disebutkan siapa sosok yang disamarkan itu. Dan hal ini sering terjadi. Oleh karenanya, dalam meneliti suatu hadis, ketika ditemukan sosok yang mubham dalam sanad hadis, tidak dapat serta merta hadisnya tersebut dihukumi dhaif. Seorang peneliti harus terlebih dahulu membandingkan tema hadis yang sama dengan riwayat lain, sehingga ada kemungkinan sosok yang mubham itu disebutkan namanya di riwayat lain.

Kedua, dengan melihat kepada catatan para sejarawan. Para sejarawan biasanya memiliki pengetahuan terhadap sosok-sosok dalam sebuat peristiwa sejarah. Karenanya, catatan sejarawan itu dapat digunakan untuk mencari sosok yang disamarkan di dalam suatu hadis.