Zaid bin Tsabit, Sahabat yang Menjadi Sekretaris Nabi

Hadispedia.id – Zaid bin Tsabit adalah salah seorang dari sahabat Nabi saw. yang sangat cerdas. Ia memiliki nama lengkap Zaid bin Tsabit bin Dhahhak bin Ludzan bin Amr bin Abd’ Auf bin Ghannan bin Malik bin An-Najjar Al-Anshari An-Najjari Al-Madani. Sedangkan ibunya bernama An-Nawwar binti Malik bin Sharmah.

Ia memiliki cukup banyak keturunan dari beberapa istrinya. Adapun beberapa istrinya ialah Ummu Jamil, Ummu Sa’d, dan ‘Amrah binti Mu’ad. Zaid bin Tsabit memiliki nama kunyah Abu Kharijah, Abu Sa’id. Ia termasuk golongan Anshar dari suku Khazraj. Saat Nabi Muhammad saw. tiba di Madinah, Zaid masih berusia 11 tahun. Adapun peperangan yang pertama kali diikuti oleh Zaid adalah perang Khandaq, saat itu ia berusia 15 tahun.

Zaid bin Tsabit merupakan salah satu sahabat yang ahli dalam berfatwa dan paling tinggi ilmunya. Disebutkan dalam Siyar A’lam An-Nubala bahwa ia meninggal pada tahun 45 H, sedangkan Ahmad bin Hanbal dan ‘Amru bin Ali berpendapat bahwa Zaid wafat pada tahun 51 H. Sementara Al-Madini dan Yahya bin Ma’in berpendapat bahwa tahun 55 H adalah tahun kematian Zaid bin Tsabit.

Cerdas Sejak Dini

Semenjak Nabi Muhammah saw. hijrah ke Madinah, beliau sudah melihat potensi yang ada pada diri Zaid. Zaid pernah berkisah bahwa suatu ketika Nabi saw. memerintahnya untuk mempelajari bahasa dari kitab orang-orang Yahudi untuk beliau.

Beliau bersabda, “Demi Allah, aku tidak percaya Yahudi atas suratku”. Kemudian Zaid berkata, “Setengah bulan berlalu hingga aku dapat menguasainya untuk beliau”. Hingga saat Zaid menguasainya, apabila Nabi saw. hendak mengirim surat kepada orang-orang Yahudi, Zaid menuliskannya kepada mereka. Apabila mereka mengirim surat kepada Nabi saw., maka Zaid membacakan surat mereka untuk beliau.

Nabi saw. memang cukup memberi perhatian pada bahasa asing (selain Arab). Lantas beliau meminta Zaid bin Tsabit untuk mempelajari bahasa Ibrani (kitab Taurat) dan bahasa Suryani (Kitab Injil). Alasan Nabi saw. menyuruh Zaid adalah karena selain kecerdasannya, beliau tidak bisa mempercayai orang-orang yahudi untuk membacakan surat yang ditujukan kepada beliau atau menuliskan surat dari beliau. Di sisi lain, Nabi saw. juga khawatir apabila menyuruh orang dari kalangan Yahudi maka akan diubah redaksinya.

Seusai diperintah Nabi saw. untuk mempelajari bahasa kaum Yahudi, setengah bulan kemudian Zaid bin Tsabit sudah menguasai bahasa Ibrani. Adapun dalam Tahdzib Al-Kamal, Al-Mizzi menukil riwayat Al-A’masy yang mengatakan bahwa Zaid bin Tsabit mempelajari bahasa Ibrani atau Suryani dalam waktu 17 malam.

Nabi saw. selalu meminta bantuan Zaid ketika hendak menyurati orang-orang Yahudi, begitu pun ketika Nabi saw. mendapat surat dari kaum Yahudi, maka Zaid yang membacakan suratnya.

Kecerdasannya tidak hanya cukup pada kemampuanya dalam menguasai bahasa asing, melainkan Zaid juga menjadi penghafal Al-Qur’an sejak remaja. Hingga di era Khulafa’ Al-Rasyidin, ia menjadi salah satu anggota yang diperintahkan untuk menulis Al-Qur’an.

Salah Satu Perawi Hadis

Hampir seluruh sahabat Nabi saw. merupakan perawi hadis. Ini menjadi bukti akan perjuangan para sahabat untuk selalu melestarikan ajaran Islam, terlebih melalui Al-Qur’an dan sunnah. Zaid bin Tsabit juga menjadi salah seorang sahabat yang turut andil dalam menyebarkan hadis.

Selain berguru langsung kepada Nabi saw., tradisi para sahabat pada masa itu adalah saling berguru satu sama lain. Tanpa terkecuali Zaid bin Tsabit yang juga masih berguru kepada Abu Bakar r.a., Umar bin Al-Khattab r.a., dan Usman bin Affan r.a. Begitu pula Abu Hurairah r.a. dan Ibn ‘Abbas r.a. yang juga berguru kepada Zaid.

Beberapa murid dari golongan tabi’in yang menyebarkan hadis dari jalur Zaid seperti Sa’id bin Al-Musayyib, Sulaiman bin Yasar, dan Marwan bin al-Hakam. Beberapa putranya juga menjadi muridnya sehingga mereka juga meriwayatkan hadis dari Zaid, seperti Kharijah bin Zaid dan Sulaiman bin Zaid. Wa Allahu a’lam bis shawab.

Mohammad Anas Fahruddin
Mohammad Anas Fahruddin
Alumni Ilmu Hadis UIN Sunan Ampel Surabaya

Artikel Terkait

Artikel Terbaru