قَالَ الْاِمَامُ التِّرْمِذِيُّ فِيْ سُنَنِهِ فِيْ بَاب مَا جَاءَ فِي الِاسْتِتَارِ عِنْدَ الْحَاجَةِ
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ السَّلَامِ بْنُ حَرْبٍ الْمُلَائِيُّ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَنَسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ الْحَاجَةَ لَمْ يَرْفَعْ ثَوْبَهُ حَتَّى يَدْنُوَ مِنْ الْأَرْضِ
قَالَ أَبُو عِيسَى هَكَذَا رَوَى مُحَمَّدُ بْنُ رَبِيعَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ أَنَسٍ هَذَا الْحَدِيثَ وَرَوَى وَكِيعٌ وَأَبُو يَحْيَى الْحِمَّانِيُّ عَنْ الْأَعْمَشِ قَالَ قَالَ ابْنُ عُمَرَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَرَادَ الْحَاجَةَ لَمْ يَرْفَعْ ثَوْبَهُ حَتَّى يَدْنُوَ مِنْ الْأَرْضِ وَكِلَا الْحَدِيثَيْنِ مُرْسَلٌ وَيُقَالُ لَمْ يَسْمَعْ الْأَعْمَشُ مِنْ أَنَسٍ وَلَا مِنْ أَحَدٍ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَدْ نَظَرَ إِلَى أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ رَأَيْتُهُ يُصَلِّي فَذَكَرَ عَنْهُ حِكَايَةً فِي الصَّلَاةِ وَالْأَعْمَشُ اسْمُهُ سُلَيْمَانُ بْنُ مِهْرَانَ أَبُو مُحَمَّدٍ الْكَاهِلِيُّ وَهُوَ مَوْلًى لَهُمْ قَالَ الْأَعْمَشُ كَانَ أَبِي حَمِيلًا فَوَرَّثَهُ مَسْرُوقٌ
Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam kitab Sunan-nya pada bab menutupi diri ketika buang hajat,
Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami, ia berkata, Abdus Salam bin Harb Al-Mula’i telah menceritakan kepada kami dari Al-A’masy dari Anas r.a., ia berkata, “Apabila Nabi saw. hendak buang hajat, beliau tidak mengangkat bajunya hingga hampir menyentuh tanah.”
Abu Isa berkata, “Demikianlah Muhammad bin Rabi’ah meriwayatkan hadis ini dari Al-A’masy dari Anas.” Sementara Waki’ dan Abu Yahya Al-Himmani meriwayatkan dari Al-A’masy, ia berkata, Ibnu Umar berkata, “Apabila Nabi saw. hendak buang hajat, maka beliau tidak mengangkat bajunya hingga hampir menyentuh tanah.” Kedua hadis ini adalah mursal. Dikatakan juga bahwa Al-A’masy tidak mendengar dari Anas dan tidak juga dari salah seorang sahabat Nabi saw. Ia melihat Anas bin Malik, lalu ia berkata, “Aku melihat Anas sedang shalat.” Lalu, ia menyebutkan darinya tentang shalat. Sedangkan nama Al-A’masy adalah Sulaiman bin Mihran; Abu Muhammad Al-Kahili. Ia adalah seorang mantan budak dari Bani Kahili. Al-A’masy berkata, “Dulu, bapakku dibawa (dari negaranya menuju negara Islam) dalam keadaan masih kecil, lalu Masruq menjadikannya sebagai ahli warisnya.”