Rasulullah saw. Lebih Indah dari Rembulan. Kajian Kitab As-Syamail Al-Muhammadiyah Ke-9

Hadispedia.id.- Hadis mengenai Rasulullah saw. lebih indah dari rembulan ini dapat dijumpai dalam beberapa kitab hadis, akan tetapi riwayat-riwayat ini banyak disampaikan dengan bi al-ma’na (secara pemahaman), sehingga ada perbedaan redaksi. Meskipun begitu, tetap tidak merusak kesatuan pemahaman terhadap hadis.

Kali ini riwayat mengenai Rasulullah saw. lebih indah dari rembulan ini diriwayatkan oleh sahabat Jabir bin Samurah:

حَدَّثَنَا هَنَّادٌ بن السرى قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْثَرُ بْنُ القَاسِمِ، عَنْ الأَشْعَثِ وَهُوَ ابْنُ سَوَّارٍ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ، قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي لَيْلَةِ إضْحِيَانٍ وَعَلَيْهِ حُلَّةٌ حَمْرَاءُ فَجَعَلْتُ أَنْظُرُ إِلَيْهِ وَإِلَى الْقَمَرِ فَلَهُوَ عِنْدِي أَحْسَنَ مِنَ الْقَمَرِ

Telah menceritakan kepada kami Hannad bin As-Sirri, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Abtsar bin Al-Qasim dari Al-Asy’ats, yakni Ibnu Sawwar, dari Abu Ishaq dari Jabir bin Samurah, ia berkata,

“Aku melihat Rasulullah saw. di suatu malam yang berbulan purnama. Waktu itu beliau memakai pakaian merah. Aku berganti-ganti memandang antara beliau dan rembulan, ternyata beliau lebih indah dari pada rembulan.”

Hadis ini juga bisa dijumpai dalam Sunan At-Tirmidzi, Musnad Ahmad, dan Sunan Ad-Darimi. Syarah (penjelasan) hadis versi kitab Tuhfah Al-Ahwadzi, Jabir bin Samurah melihat Rasulullah saw. pada suatu malam bulan purnama yang amat terang sepanjang malam, ketika itu Rasulullah saw. mengenakan pakaian merah. Kemudian Samurah melihat bulan untuk membandingkan antara beliau dengan rembulan.

Setelah itu Jabir berkata, “Maka sungguh dalam pandangan dan keyakinanku, Rasulullah saw. lebih indah dari rembulan.” Menurut Al-Mubarakfuri dalam kitab Tuhfah Al-Ahwadzi, kalimat yang digunakan oleh At-Tirmidzi memberikan pemahaman bahwa Rasulullah saw. lebih indah dari rembulan adalah secara maknawiyah. Wa Allahu a’lam bis shawab.

Karimullah
Karimullah
Karimullah, Anggota CRIS Foundation aktif juga di https://terangterabaikan.blogspot.com

Artikel Terkait

Artikel Terbaru