Hadispedia.id – Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam Sunan–nya pada kitab bersuci bab mengusap sorban,
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ القَطَّانُ، عَنْ سُلَيْمَانَ التَّيْمِيِّ، عَنْ بَكْرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ الْمُزَنِيِّ، عَنِ الحَسَنِ، عَنِ ابْنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ، عَنْ أَبِيهِ، قَالَ: تَوَضَّأَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَسَحَ عَلَى الخُفَّيْنِ وَالعِمَامَةِ، قَالَ بَكْرٌ: وَقَدْ سَمِعْتُهُ مِنَ ابْنِ الْمُغِيرَةِ
قَالَ: وَذَكَرَ مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ فِي هَذَا الحَدِيثِ فِي مَوْضِعٍ آخَرَ أَنَّهُ مَسَحَ عَلَى نَاصِيَتِهِ وَعِمَامَتِهِ
وَقَدْ رُوِيَ هَذَا الحَدِيثُ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ عَنِ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ، وَذَكَرَ بَعْضُهُمْ الْمَسْحَ عَلَى النَّاصِيَةِ وَالعِمَامَةِ، وَلَمْ يَذْكُرْ بَعْضُهُمْ النَّاصِيَةَ
وسَمِعْت أَحْمَدَ بْنَ الحَسَنِ يَقُولُ: سَمِعْتُ أَحْمَدَ بْنَ حَنْبَلٍ يَقُولُ: مَا رَأَيْتُ بِعَيْنِي مِثْلَ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ القَطَّانِ
قَالَ: وَفِي البَابِ عَنْ عَمْرِو بْنِ أُمَيَّةِ، وَسَلْمَانَ، وَثَوْبَانَ، وَأَبِي أُمَامَةَ
قَالَ أَبُوْ عِيْسَى: حَدِيثُ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
وَهُوَ قَوْلُ غَيْرِ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ العِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْهُمْ: أَبُو بَكْرٍ، وَعُمَرُ، وَأَنَسٌ، وَبِهِ يَقُولُ الأَوْزَاعِيُّ، وَأَحْمَدُ، وَإِسْحَاقُ قَالُوا: يَمْسَحُ عَلَى العِمَامَةِ
وقَالَ غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ العِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَالتَّابِعِينَ: لاَ يَمْسَحُ عَلَى العِمَامَةِ إِلاَّ أَنْ يَمْسَحَ بِرَأْسِهِ مَعَ العِمَامَةِ، وَهُوَ قَوْلُ سُفْيَانَ الثَّوْرِيِّ، وَمَالِكِ بْنِ أَنَسٍ، وَابْنِ الْمُبَارَكِ، وَالشَّافِعِيِّ
قَلَ أَبُوْ عِيْسَى: سَمِعْت الجَارُودَ بْنَ مُعَاذٍ يَقُولُ: سَمِعْتُ وَكِيعَ بْنَ الجَرَّاحِ يَقُولُ: إِنْ مَسَحَ عَلَى العِمَامَةِ يُجْزِئُهُ لِلأَثَرِ
Muhammad bin Basyar telah menceritakan kepada kami, dia berkata, Yahya bin Sa’id Al-Qaththan telah menceritakan kepada kami, dari Sulaiman At-Taimi, dari Bakr bin Abdullah Al-Muzanni, dari Al-Hasan, dari Ibnu Al-Mughirah bin Syu’bah, dari ayahnya, dia berkata, “Nabi saw. pernah berwudhu, beliau mengusap kedua khuff dan sorban.” Bakr berkata, “Sungguh aku telah mendengarnya dari Ibnu Al-Mughirah.”
Perawi berkata, “Muhammad bin Basysyar menyebutkan tentang hadis ini di tempat lain, bahwa beliau mengusap ubun-ubun dan sorbannya.” Hadis ini juga diriwayatkan dari jalur lain dari Al-Mughirah bin Syu’bah. Sebagian mereka menyebutkan lafadz, “Mengusap ubun-ubun serta sorbannya.” Sedangkan yang sebagian tidak menyebutkannya. Sementara aku mendengar Ahmad Ibnul Hasan berkata, “Aku mendengar Ahmad bin Hanbal berkata, “Aku tidak pernah melihat seseorang semisal Yahya bin Sa’id Al-Qaththan dengan kedua mataku.”
Perawi berkata, “Dalam bab ini juga ada riwayat dari Amr bin Umayyah, Salman, Tsauban, dan Abu Umamah.”
Abu Isa berkata, “Hadis Al-Mughirah bin Syu’bah derajarnya Hasan Shahih, pendapat ini banyak diambil oleh banyak ulama dari kalangan sahabat Nabi saw., seperti Abu Bakr, Umar, dan Anas. Pendapat ini juga dipegang oleh Al-Auza’i, Ahmad, dan Ishaq. Mereka berkata, “Seseorang boleh mengusap sorbannya.”
Dan banyak ulama dari para sahabat Nabi saw. dan tabi’in berkata, “Seseorang tidak boleh mengusap sorbannya kecuali jika dia mengusap kepala dan sorbannya.” Ini adalah pendapat Sufyan Ats-Tsauri, Malik bin Anas, Ibnul Mubarak, dan Syafi’i.”
Abu Isa berkata, “Aku mendengar Al-Jarud bin Mu’adz berkata, ‘aku mendengar Waki’ Ibnul Jarrah berkata, “Jika dia hanya mengusap sorbannya, maka itu sudah mencukupinya, karena itu adalah sunnah.”