Kemiripan Rasulullah dengan Nabi Ibrahim. Kajian Kitab As-Syamail Al-Muhammadiyah ke-12

Hadispedia.id- Kemiripan Rasulullah saw. dengan Nabi Ibrahim a.s. tertuang dalam sebuah hadis bersamaan dengan uraian kemiripan Nabi lainnya. Ada beberapa Nabi yang mirip dengan sahabat-sahabat beliau dan ada pula yang mirip dengan seorang laki-laki dari suku Syanuah.

Menurut Imam At-Tirmidzi dalam kitab Sunannya, hadis kemiripan Rasulullah saw. dengan Nabi Ibrahim a.s. adalah hadis hasanun shahihun gharibun. Berikut teks hadisnya, riwayat Jabir bin Abdillah r.a.

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ قَالَ: أَخْبَرَنِي اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ، عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ، عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: عُرِضَ عَلَيَّ الْأَنْبِيَاءُ، فَإِذَا مُوسَى عَلَيْهِ السَّلَامُ ضَرْبٌ مِنَ الرِّجَالِ، كَأَنَّهُ مِنْ رِجَالِ شَنُوءَةَ، وَرَأَيْتُ عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ، فَإِذَا أَقْرَبُ مَنْ رَأَيْتُ بِهِ شَبَهًا عُرْوَةُ بْنُ مَسْعُودٍ، وَرَأَيْتُ إِبْرَاهِيمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ، فَإِذَا أَقْرَبُ مَنْ رَأَيْتُ بِهِ شَبَهًا صَاحِبُكُمْ، يَعْنِي نَفْسَهُ، وَرَأَيْتُ جِبْرِيلَ عَلَيْهِ السَّلَامُ فَإِذَا أَقْرَبُ مَنْ رَأَيْتُ بِهِ شَبَهًا دِحْيَةُ

Dari Jabir bin ‘Abdillah bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Telah diperlihatkan kepadaku para Nabi. Adapun Nabi Musa a.s. bagaikan seorang laki-laki dari suku Syanuah. Aku melihat juga Nabi Isa bin Maryam a.s. ternyata orang yang pernah aku lihat dan mirip denganya adalah ‘Urwah bin Mas’ud. Aku melihat juga Nabi Ibrahim a.s. ternyata orang yang mirip dengannya adalah kawan kalian ini (Nabi saw. sendiri). Aku melihat juga Jibril a.s. ternyata orang yang pernah aku lihat dan mirip dengannya adalah Dihyah.”

Baca juga: Rasulullah Lebih Indah dari Rembulan

Allah swt. menampakkan para Nabi sebelumnya kepada Rasulullah saw. bisa jadi di Masjid Al-Aqsa atau di langit. Abu Al-Hasan Al-Qary menyatakan pendapat ini dalam kitab Marqat Al-Mafatih Syarh Misykat Al-Mafatih. Pendapat ini juga mendapat dukungan sebuah hadis yang disepakati oleh Imam Bukhari dan Muslim.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ رَأَيْتُ لَيْلَةَ أُسْرِيَ بِي مُوسَى، رَجُلًا آدَمَ طُوَالًا، جَعْدًا كَأَنَّهُ مِنْ رِجَالِ شَنُوءَةَ، وَرَأَيْتُ عِيسَى رَجُلًا مَرْبُوعَ الْخَلْقِ، إِلَى الْحُمْرَةِ وَالْبَيَاضِ، سَبْطَ الرَّأْسِ، وَرَأَيْتُ مَالِكًا خَازِنَ النَّارِ، وَالدَّجَّالَ فِي آيَاتٍ أَرَاهُنَّ اللَّهُ إِيَّاهُ، فَلَا تَكُنْ فِي مِرْيَةٍ مِنْ لِقَائِهِ. مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Ibnu ‘Abbas, dari Rasulullah saw., “Pada malam diisra’kan, aku melihat Musa a.s yang berkulit sawo mateng, berbadan tinggi dan berambut kriting bagaikan orang suku Syanuah. Dan aku melihat ‘Isa sebagai seseorang yang berdada bidang, posturnya tegap atau kekar, kulitnya merah agak keputih-putihan sedangkan rambutnya ikal. Aku juga melihat Malik, malaikat penunggu neraka dan Dajjal. Semuanya Allah perlihatkan kepadaku sebagai tanda-tanda kebesaranNya. “Maka jangan kamu berada dalam keraguan untuk menjumpainya (menerima Al-Qur’an) Q.S. As-Sajadah: 23.” (Muttafaqun ‘Alaih)

Lebih lanjut, Abu Al-Hasan Al-Qary menjelaskan bahwa Allah swt. menciptakan bentuk ruh-ruh para Nabi tersebut sesuai dengan bentuknya ketika di dunia. Namun Al-Qadhy berpendapat, mungkin Allah swt. mencontohkan bentuk-bentuk ini kepada Rasulullah saw. atau mungkin bentuk mereka memang seperti itu atau mungkin bentuk badan mereka diperlihatkan kepada Rasulullah saw. dalam keadaan tidur atau terjaga.

Kemiripan Rasulullah saw. dengan Nabi Ibrahim a.s.

Dr. Musa Syahin Lasyin dalam kitab Fath Al-Mun’im Syarh Shahih Muslim menyebutkan ada tiga redaksi riwayat yang menjelaskan kemiripan Rasulullah saw. dengan Nabi Ibrahim a.s. Pertama, Rasulullah saw. memang mirip dengan Nabi Ibrahim a.s. dengan redaksi “Syahb Shahinukum” artinya mirip dengan sahabat kalian. Jabir menegaskan kata “nafsihi” adalah diri Rasulullah saw. sendiri.

Kedua, Rasulullah saw. melihat bahwa seseorang yang lebih dekat kemiripannya dengan Nabi Ibrahim a.s. adalah beliau sendiri. Bagian kedua menggunakan kata Aqrab yang berarti lebih dekat atau paling dekat.

Ketiga, Rasulullah saw. adalah anak keturunan Nabi Ibrahim a.s. yang paling mirip dengan Nabi Ibarahim a.s. Imam Bukhari juga meriwayatkan riwayat yang ketiga ini.

Dalam beberapa kitab syarah hadis, penjelasan kemiripan Rasulullah saw. dengan Nabi Ibrahim a.s. sangat simple. Rata-rata pembahasannya sama-sejauh pengetahuan penulis-seperti riwayat yang pertama. Wa Allahu a’lam bis shawab

Karimullah
Karimullah
Karimullah, Anggota CRIS Foundation aktif juga di https://terangterabaikan.blogspot.com

Artikel Terkait

Artikel Terbaru