Lebih Dekat dengan Sekolah Hadis El-Bukhari Institute

Hadispedia.id –  Salah satu program unggulan lembaga el-Bukhari Institute adalah Sekolah Hadis. Lebih jelasnya barikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Sekolah Hadis:

FAQ Sekolah Hadis El-Bukhari Institute
Periode Juli – Desember 2021

Program Sekolah Hadis ini diadakan oleh yayasan apa dan afiliasinya ke mana.?
Sekolah Hadis adalah salah satu program dari Yayasan Pengkajian Hadis El-Bukhari Insitute yang sudah berdiri sejak tahun 2013. Para pendiri dan sebagian besar pengurusnya adalah murid langsung dari Almarhum Prof. Dr. K.H. Ali Mustafa Yaqub, MA.

Apa saja program-programnya.?
Sekolah Hadis membuka 3 program unggulan yang menjadi dasar bagi siapapun yang akan mendalami hadis, yaitu Ilmu Musthalah Hadis (Ilmu Hadis Dasar), Ilmu Takhrij & Kritik Sanad (Ilmu Pelacakan Hadis dan Penelitian Sanadnya), dan Ilmu Thuruq Fahmil Hadis (Ilmu Metode Memahami Hadis). Selain itu, khusus bagi peserta yang mendaftar sebagai member lembaga, berkesempatan untuk mengikuti kajian kitab-kitab Hadis, Ilmu Musthalah dan Fikih bersama dewan asatidz El-Bukhari Institute.

Apakah program-program tersebut bisa diikuti secara acak atau harus dari yang dasar terlebih dahulu.?
Sebaiknya mengikuti kelas dasar terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan ke kelas-kelas berikutnya. Namun bagi yang sudah mempunyai basic pengetahuan sebelumnya boleh memilih sesuai dengan kebutuhan atau tiga-tiganya sekaligus. Sementara untuk member, bisa mengikuti seluruh program yang ada selama satu tahun full dan boleh mengulang jika merasa belum menguasai materinya secara penuh.

Apa target akhir dari program-program tersebut.?
Menguasai materi-materi dasar terkait Ilmu Musthalah Hadis, Ilmu Takhrij dan Dirasah Sanad, serta Ilmu Metode Pemahaman Hadis.

Materi-materinya diambilkan dari buku/kitab apa saja ya.?
Semua materi didasarkan kepada referensi-referensi yang otoritatif dalam Ilmu Hadis, baik yang klasik maupun yang kontemporer.

Apa saja contoh buku/kitab referensinya?
Untuk Ilmu Hadis Dasar: Kitab Taisir Musthalah Hadis, Syarah Baiquni, Muqaddimah Ibnu Shalah, dll. Untuk Ilmu Takhrij & Dirasah Sanad : Ushul al-Takhrij wa Dirasah al-Asanid. Untuk Ilmu Metode Memahami Hadis: Kitab al-Thuruq al-Shahihah Fi Fahmi al-Sunnah al-Nabawiyyah, Kaifa Nata’ammal Ma’a al-Sunnah al-Nabawiyyah, dll. Sementara untuk kajian kitab akan menggunakan Bulughul Maram untuk bidang Hadis, Kitab Taisir Musthalah Hadis untuk Ilmu Musthalah, dan Fathul Mu’in untuk Fikih.

Pengajarnya alumni dari mana saja ya?
Semua pengajarnya adalah murid langsung dari Almarhum Prof. Dr. K.H. Ali Mustafa Yaqub, MA (salah seorang pakar hadis kebanggaan Indonesia yang wafat pada tahun 2016) lewat pesantren beliau yang bernama Darus-Sunnah International Institute For Hadith Sciences.

Berapa jumlah pertemuan untuk masing-masingnya?
Masing-masing program terdiri dari 8x pertemuan. Khusus untuk kajian kitab akan berlangsung setiap minggu sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Kapan mulai belajarnya?
Untuk periode terdekat, tanggal 6 September 2021.

Jadwalnya kapan saja?
Jadwal untuk kelas Ilmu Musthalah Hadis : Senin & Selasa, jam 16.00 WIB, kelas Ilmu Takhrij dan Dirasah Sanad : Rabu & Kamis, jam 16.00 WIB, dan kelas Ilmu Metode Memahami Hadis : Sabtu & Ahad, jam 16.00 WIB. Sedangkan untuk kajian kitab jadwalnya hanya ada di malam hari saja, untuk kajian Fikih : Jum’at jam 19.30 WIB, kajian Ilmu Hadis : Rabu, jam 19.30 WIB, dan kajian Hadis Bulughul Maram : Ahad, jam 19.30 WIB.

Apakah ada jadwal malam atau jadwal lain selain ini?
Jadwal untuk 3 program unggulan (Ilmu Hadis Dasar, Takhrij & Kajian Sanad, dan Metode Memahami Hadis) hanya ada satu jadwal saja, yaitu sore, jam 16.00 WIB dan untuk kajian kitab hanya ada di malam hari saja, jam 19.30 WIB. Namun bagi yang berminat bisa mengambil jalur private dengan besaran infak yang berbeda dengan program regular.

Ada berapa pilihan status keanggotaan peserta dalam program ini?
Ada dua, yaitu member dan non member.

Apa perbedaan keduanya?
Perbedaannya hanya dari segi fasilitas yang didapatkan. Bagi peserta yang mendaftar sebagai member lembaga berhak untuk mengikuti seluruh program kajian selama satu tahun full dan mengulang di program apapun tanpa harus registrasi kembali. Sedangkan untuk peserta non member hanya berhak mengikuti program sesuai pilihan saja.

Selain itu apa lagi fasilitas yang akan didapatkan oleh member lembaga?
Secara umum member berhak untuk :
a. Mengikuti kajian Ilmu Hadis 3 level sekaligus.
b. Mengikuti kajian kitab Hadis, Ilmu Musthalah, dan Fikih sesuai jadwal.
c. Kitab asli dan PDF materi yang dibahas.
d. Bebas mengakses Sekolah Hadis via Hadispedia.
e. E-Sertifikat di akhir program.
f. Rekaman video setiap materi pembelajaran.
g. Konsultasi gratis dengan para asatidz lembaga.

Berapa biaya programnya?
Untuk member biayanya hanya 850K saja untuk satu tahun belajar dan untuk non member 350K untuk masing-masing programnya.

Kalau biaya privatenya berapa ya?
150K/Pertemuan dengan durasi belajar 90 menit/pertemuan.

Apakah pembayarannya bisa dicicil?
Semua pembayaran harus sudah lunas sebelum program dimulai.

Apakah ada program affiliate untuk Sekolah Hadis ini?
Ada, bagi Anda yang mengajak satu orang member berhak mendapatkan fee bagi hasil dari lembaga sebesar 50K dan akan ditransferkan ke rekening masing-masing setiap akhir bulan setelah dikalkulasikan.

Berapa orang kuota kelas untuk masing-masing program?
Kami hanya menerima maksimal 100 orang peserta untuk masing-masing kelas dan pendaftaran akan ditutup jika kuota tersebut sudah terpenuhi.

Media belajarnya melalui apa ya?
Menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Apakah ada kelas offlinenya?
Untuk saat ini semua program kami hanya bisa diikuti secara online.

Apakah ada batasan umur untuk mengikuti program ini?
Tidak ada batasan umur (untuk semua kalangan), khusus buat anak-anak dibawah 12 tahun wajib didampingi oleh orangtua atau walinya.

Apakah ada beasiswa untuk kalangan-kalangan tertentu?
Belum ada.

Bagaimana prosedur pendaftarannya?
Bisa dengan mengklik tautan berikut : http://bit.ly/SekolahHadisEl-Bukhari

Sekolah Hadis El-Bukhari Institute;
Solusi Bagi Anda yang Ingin Mendalami Hadis dan Ilmu Hadis!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru