Sekolah Hadis El-Bukhari Institute: Membumikan Kajian Hadis di Indonesia

Hadispedia.id – Divisi Pelatihan el-Bukhari Institute (eBI) sejak tahun 2016 yang lalu telah melaunching program baru yang diberi nama dengan Sekolah Hadis. Program ini bertujuan untuk membumikan kajian hadis di Nusantara dengan menggunakan metode Short-Course dan Focus Group Discussion (FGD). Gagasan ini dimaksudkan untuk mengisi dan menyemarakkan sepinya kajian-kajian hadis di Indonesia serta minimnya para ilmuan yang bisa disebut sebagai muhaddits di zaman sekarang.

Sekolah Hadis berbeda dengan Darus-Sunnah International Institute For Hadith Sciences Jakarta, pesantren khusus hadis yang didirikan oleh Almarhum Prof. Dr. K.H. Ali Mustafa Yaqub, MA rahimahullah, yang menerapkan sistem pesantren dengan kolaborasi antara sistem klasikal & modern sebagai metodenya ataupun Lembaga Kajian Hadis al-Mughni pimpinan Ustadz Dr. Luthfi Fathullah, MA yang fokus dalam pengembangan hadis melalui dunia digital sebagai ciri khasnya.

Distingsi Sekolah Hadis ini terletak pada bentuk penyajian dan durasi belajarnya yang lebih singkat, yaitu lebih kurang 8x pertemuan untuk masing-masing programnya. Hal ini terinspirasi dari beberapa program serupa yang pernah diadakan oleh lembaga penelitian lain dalam disiplin ilmu yang berbeda, seperti Sekolah Demokrasi yang diadakan oleh Komunitas Indonesia untuk Demokrasi (KID), Pendidikan Kader Mufassir oleh Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) pimpinan Prof. Dr. Quraisy Shihab, MA, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, sasaran program ini adalah semua kalangan yang mempunyai kecenderungan terhadap kajian hadis, khususnya di daerah Jabodetabek dan sekitarnya. Kelas yang akan dibuka pada 19 April 2021 ini akan difokuskan ke dalam tiga kategori. Pertama, Kelas Musthalah Hadis (Ilmu Hadis Dasar). Kedua, Kelas Takhrij wa Dirasah al-Sanad (Kelas Pelacakan dan Kritik Hadis). Dan ketiga, Kelas Thuruq Fahmil Hadits (Ilmu Metode Memahami Hadis).

Sementara itu, buku yang akan dijadikan pegangan dalam setiap kelas adalah Kitab Taisir Musthalah al-Hadits karya Mahmud Thahhan untuk Kelas Musthalah, Kitab Ushul al-Takhrij wa Dirasah al-Asanid karya Mahmud Thahhan untuk Kelas Takhrij, serta Kitab al-Thuruq al-Shahihah fi Fahm al-Sunnah al-Nabawiyyah karya Prof. Dr. K.H. Ali Mustafa Yaqub, MA untuk Kelas Thuruq. Selain itu, juga akan dikombinasikan dengan kitab-kitab lain yang sejenis sebagai pengayaan dan bahan diskusi.

Outcome atau target utama program ini adalah agar setiap peserta dapat menguasai materi-materi dasar terkait Ilmu Mustalah Hadis, Metode Takhrij Hadits dan Kritik Sanadnya dengan metode digital, serta Metode Memahami Hadis secara benar dan humanis. Target ini sesuai dengan tingkatan kajian hadis di masa sekarang sebagaimana yang pernah dipetakan oleh Almarhum Kyai Ali Mustafa Yaqub dalam sejumlah karya-karyanya.

Terkait dengan jadwal pelaksanaan, program ini akan dimulai pada hari Senin, 5 Juli 2021 mendatang secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting. Adapun jadwalnya adalah setiap Senin dan Selasa, pukul 16.00 WIB untuk Kelas Ilmu Hadis Dasar, Rabu dan Kamis, pukul 16.00 WIB untuk Kelas Takhrij dan Kritik Sanad, serta Sabtu dan Ahad, pukul 16.00 WIB untuk Kelas Metode Memahami Hadis. Masing-masing kelas berdurasi 1,5 jam untuk setiap pertemuan dengan kuota maksimal tidak lebih dari 20 orang/kelas. Bagi yang berminat mengikuti program ini bisa mengklik link berikut : http://bit.ly/SekolahHadisEl-Bukhari.

Avatar
Yunal Isra
Penulis adalah peneliti di el-Bukhari Institute

Artikel Terkait

Artikel Terbaru