Hadis No. 25 Sunan At-Tirmidzi

Hadispedia.id โ€“ Al-Imam At-Tirmidzi berkata di dalam Sunan-nya pada kitab bersuci bab menyebut nama Allah (membaca basmalah) ketika berwudhu,

ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ู†ูŽุตู’ุฑู ุจู’ู†ู ุนูŽู„ููŠู‘ู ุงู„ู’ุฌูŽู‡ู’ุถูŽู…ููŠู‘ู ูˆูŽุจูุดู’ุฑู ุจู’ู†ู ู…ูุนูŽุงุฐู ุงู„ู’ุนูŽู‚ูŽุฏููŠู‘ู ู‚ูŽุงู„ูŽุง ุญูŽุฏู‘ูŽุซูŽู†ูŽุง ุจูุดู’ุฑู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูููŽุถู‘ูŽู„ู ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุจู’ู†ู ุญูŽุฑู’ู…ูŽู„ูŽุฉูŽ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุซูููŽุงู„ู ุงู„ู’ู…ูุฑู‘ููŠู‘ู ุนูŽู†ู’ ุฑูŽุจูŽุงุญู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุณููู’ูŠูŽุงู†ูŽ ุจู’ู†ู ุญููˆูŽูŠู’ุทูุจู ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุฏู‘ูŽุชูู‡ู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู‡ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ู„ูŽุง ูˆูุถููˆุกูŽ ู„ูู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฐู’ูƒูุฑู’ ุงุณู’ู…ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู

ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูˆูŽูููŠ ุงู„ู’ุจูŽุงุจ ุนูŽู†ู’ ุนูŽุงุฆูุดูŽุฉูŽ ูˆูŽุฃูŽุจููŠ ุณูŽุนููŠุฏู ูˆูŽุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ ูˆูŽุณูŽู‡ู’ู„ู ุจู’ู†ู ุณูŽุนู’ุฏู ูˆูŽุฃูŽู†ูŽุณู

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆู’ ุนููŠู’ุณูŽู‰: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู ุจู’ู†ู ุญูŽู†ู’ุจูŽู„ู ู„ูŽุง ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ู ูููŠ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุจูŽุงุจู ุญูŽุฏููŠุซู‹ุง ู„ูŽู‡ู ุฅูุณู’ู†ูŽุงุฏูŒ ุฌูŽูŠู‘ูุฏูŒ

ูˆู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูุณู’ุญูŽู‚ู ุฅูู†ู’ ุชูŽุฑูŽูƒูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุณู’ู…ููŠูŽุฉูŽ ุนูŽุงู…ูุฏู‹ุง ุฃูŽุนูŽุงุฏูŽ ุงู„ู’ูˆูุถููˆุกูŽ ูˆูŽุฅูู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู†ูŽุงุณููŠู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ู…ูุชูŽุฃูŽูˆู‘ูู„ู‹ุง ุฃูŽุฌู’ุฒูŽุฃูŽู‡ู

ู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูุญูŽู…ู‘ูŽุฏู ุจู’ู†ู ุฅูุณู’ู…ูŽุนููŠู„ูŽ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ู ุดูŽูŠู’ุกู ูููŠ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุจูŽุงุจู ุญูŽุฏููŠุซู ุฑูŽุจูŽุงุญู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽุจููˆู’ ุนููŠู’ุณูŽู‰: ูˆูŽุฑูŽุจูŽุงุญู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุฏู‘ูŽุชูู‡ู ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽุจููˆู‡ูŽุง ุณูŽุนููŠุฏู ุจู’ู†ู ุฒูŽูŠู’ุฏู ุจู’ู†ู ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุจู’ู†ู ู†ูููŽูŠู’ู„ู

ูˆูŽุฃูŽุจููˆ ุซูููŽุงู„ู ุงู„ู’ู…ูุฑู‘ููŠู‘ู ุงุณู’ู…ูู‡ู ุซูู…ูŽุงู…ูŽุฉู ุจู’ู†ู ุญูุตูŽูŠู’ู†ู

ูˆูŽุฑูŽุจูŽุงุญู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุญู’ู…ูŽู†ู ู‡ููˆูŽ ุฃูŽุจููˆ ุจูŽูƒู’ุฑู ุจู’ู†ู ุญููˆูŽูŠู’ุทูุจู ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ุฑูŽูˆูŽู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุฏููŠุซูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุจูŽูƒู’ุฑู ุจู’ู†ู ุญููˆูŽูŠู’ุทูุจู ููŽู†ูŽุณูŽุจูŽู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุฌูŽุฏู‘ูู‡ู

Nashr bin Ali Al-Jahdhami dan Bisyr bin Mu’adz Al-‘Aqadi telah menceritakan kepada kami, mereka berkata, Bisyr bin Al-Mufadhdhal telah menceritakan kepada kami dari Abdurrahman bin Harmalah dari Abu Tsifal Al-Murri, dari Rabah bin Abdurrahman bin Abu Sufyan bin Huwaithib dari neneknya dari bapaknya, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Tidak (sempurna) wudhu’ bagi seseorang yang tidak menyebut nama Allah.'”

Dia (Al-Imam At-Tirmidzi) berkata, “Dalam bab ini terdapat riwayat dari Aisyah r.a., Abu Sa’id r.a., Abu Hurairah r.a., Sahl bin Sa’d r.a., dan Anas r.a.

Abu Isa (Al-Imam At-Tirmidzi) berkata, “Ahmad bin Hanbal berkata, ‘Aku tidak mengetahui dalam bab ini hadis yang memiliki sanad yang bagus.”

Abu Ishaq berkata, “Jika ia meninggalkan bacaan basmalah dengan sengaja maka harus mengulang wudhunya, namun jika lupa atau karena mentakwil maka wudhunya tetap sah.”

Muhammad bin Isma’il berkata, “Hadis yang paling baik dalam bab ini adalah hadis Rabah bin Abdurrahman.”

Abu Isa berkata, “Rabah bin Abdurrahman menceritaka dari neneknya, dari bapaknya. Sedangkan nama bapaknya adalah Sa’id bin Zaid bin Amr bin Nufail.

Abu Tsifal Al-Murri namanya adalah Tsumamah bin Hushain.

Rabah bin Abdurrahman namanya adalah Abu Bakr bin Huwaithib. Di antara mereka ada yang meriwayatkan hadis ini. Lalu ia berkata, ‘Dari Abu Bakr bin Huwaithib’. Lalu, ia menisbatkannya kepada kakeknya.”

Penjelasan:

Dalam madzhab Syafi’i, membaca basmalah ketika wudhu tidaklah menjadi bagian dari rukun-rukun wudhu’. Sehingga, jika seseorang meninggalkan bacaan basmalah, wudhunya tidak batal alias tetap sah.

Meskipun begitu, dalam madzhab Syafi’i membaca basmalah masuk dalam kategori sunnah-sunnahnya wudhu’. Sehingga, orang yang melakukannya akan mendapatkan pahala, sementara orang yang meninggalkannya tidak mendapat siksa. Oleh sebab itu, agar wudhu yang kita lakukan semakin sempurna, maka hendaknya mengawalinya dengan basmalah.

Artikel Terkait

spot_img

Artikel Terbaru